Kegiatan mengetik pasti tak dapat dilepaskan dari saat berkomputer, terlebih lagi bila kita mempunyai kegilaan akan menulis pada blog yang besar. Serasa gak asik aja bila sehari gak mengetik & mempostingnya di blog kita. Menulis di komputer atau mengetik istilahnya memang perlu persiapan mulai dari adanya komputer itu sendiri, ide/inspirasi bahan tulisan serta kemampuan menulis ide kita ke dalam bentuk kata-kata. Saya akui semua itu butuh proses yang melelahkan hanya untuk sekedar mengetik sebuah artikel baik repost atau murni karya sendiri. Dulu saya kira menulis memang dunia yang aneh  karena terlihat hanya membuang waktu saja. Tetapi fakta berkata lain setelah saya kemakan omongan sendiri, saat ini saya malah gila mengetik karena saking asyiknya ketimbang main layang-layang😀 . Eh, maap deh jadi curhat malah di sini. Balik lagi ke inti postingannya..

Keasyikan mengetik blog atau tulisan apapun di komputer khususnya ber OS Ubuntu Linux bisa sangat terganggu akibat banyak hal. Misalnya saja masalah yang hinggap saat asyik mengetik yaitu

– salah mengetik huruf besar/kecil

– berpindahnya posisi kursor saat mengetik tanpa sadar karena touchpad pada Laptop tersentuh tanpa nafsu (maap, ini bagi pengguna laptop yak😀 )

– hilangnya inspirasi karena barusan lihat cewek cantik :malu

Untuk masalah pada nomer satu memang sering terjadi pada penulis kelas pemula seperti saya karena belum terbiasanya mengetik serta jari jemari yang suka kelewat nafsu menekan tutsnya (kek piano). Untuk solusi masalah ini bisa dengan memasang aplikasi indicator keylock yang pernah saya muat di postingan lalu. Dengan memasang indicator keylock ini kita akan memperoleh notifikasi bila tombol Caps/Num lock tertekan tanpa sengaja. Memang aplikasi ini hanya bisa mendeteksi kepekaan pada tombol Caps lock , tapi setidaknya bisa membantu kita dengan cepat akan resiko adanya kesalahan huruf besar & kecil.

Pada permasalahan nomor dua ini memang sangat sering terjadi pada pengguna laptop bertouchpad. Posisi touchpad yang rata-rata berada di tengah rentan akan tersentuh oleh telapak tangan kita yang mengakibatkan pindahnya kursor seenaknya. Bukan hanya salah dari penempatan touchpad  berada di tengah, melainkan juga salah telapak tangan kita juga karena ngapain nyentuh-nyentuh tuh touchpad. Untuk solusi masalah touchpad ini akan segera saya ulas.

Kemudian pada permasalahan nomor tiga adalah sangat wajar terjadi😀 . Kendati manusia memiliki kemampuan prosesor (otak) yang dahsyat tetapi kita masih bisa kehilangan memori(baca :lupa). Terlebih bila kita sedang mengetik serius & tiba-tiba teringat akan hutang, tentang cewek yang barusan lewat, tentang membuat PR dsb itu membuat inspirasi lost begitu saja tanpa izin. Kalau sudah begitu siap-siap aja kita recovery ulang ingatan kita agar data(baca :inspirasi) bisa kembali normal. Untuk solusi masalah ini yaitu berdoa dulu sebelum menulis serta konsentrasi pada target ide tulisan😀 .

Baiklah sudah cukup deh saya berteori ala kadarnya, lanjutkan dengan cara menyelesaikan masalah touch pad mulai dari sekarang

– pastikan anda memakai sistem operasi Ubuntu Linux lalu klik pada sistem>preferensi>tetikus (mode Ubuntu berbahasa Indonesia) . Muncul jendela preferensi si Tetikus ini, lalu klik pada tab Touchpad. Di tab touchpad ada berbagai opsi misalnya mengaktifkan touchpad dengan klik, menggulung layar dsb. Kita klik pada opsi Disabe touchpad while typing, beri tanda cek pada pilihan tersebut. Dengan mengaktifkan opsi Disabe touchpad while typing maka Ubuntu akan mendisable touchpad saat kita sedang melakukan pengetikan secara otomatis. Setelah selesai diaktifkan lalu tutup, selanjutnya anda tes deh untuk membuktikan berguna atau enggak  cara ini😀 .

Demikian tulisan tentang masalah touchpad yang terlalu sensitif ini, semoga dapat berfungsi sebagaimana mestinya😀 .

2 pemikiran pada “Menonaktifkan Touchpad saat mengetik di Ubuntu Lucid

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s