Ada kabar gembira bagi pengguna Ubuntu yang ada di Indonesia yaitu telah ada channel di irc.freenode.net untuk tempat berkumpul serta ngobrol di dunia maya. Dengan adanya channel di irc ini membuat para penggila Ubuntu se tanah air dapat berkomunikasi secara live & tidak terbatas oleh ruang & waktu. Kita juga dapat ikut bergabung di channel irc #ubuntu-indonesia dengan menggunakan aplikasi xchat. Aplikasi xchat ini dapat kita pasang dari repositori, cara pakainya pun mudah karena kita tinggal mengisi daftar identitas kita seperlunya, memilih server freenode & mengetik channel #ubuntu-indonesia.

Perlu diingat kendati kita bebas ngobrol apa saja & kepada siapa saja juga diikuti oleh norma kesopanan. Situasi akan sangat menguntungkan bila penghuni irc ini sedang ramai sehingga banyak hal yang bisa diperbincangkan. Salah satunya yaitu pada malam ini karena sekitar 6 peserta dari forum ubuntu-indonesia yang berkumpul serta chatting bersama. Ditambah lagi di irc ini kedatangan salah seorang penggiat OSS dari Balikpapan yaitu Fakhrul Rijal yang membahas tentang tim penerjemah bahasa Ubuntu. Tentu saja sesi yang sebenarnya sama sekali tidak direncanakan ini sangat surprise bagi saya karena menerima penjelasan suatu topik melalui irc ini.

 

Situasi irc #ubuntu-indonesia saat Fakhrul Rijal memulai workshop singkat

 

Demikianlah review singkat tentang adanya irc #ubuntu-indonesia di server freenode, semoga dapat bermanfaat serta menambah teman dalam berUbuntu. Terima kasih😀 .

6 pemikiran pada “Ngobrol bareng pengguna Ubuntu di Freenode irc #ubuntu-indonesia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s