Malam minggu yang dingin serta sepi ini adalah waktu yang tepat untuk membahas postingan yang ringan-ringan saja. Pada kali ini saya akan menyampaikan tentang cara menginstall paket-paket yang baru kita unduh dari apt-web dengan cepat & praktis. Seperti yang kita tahu bahwa dengan mengunduh aplikasi via apt-web yang berjumlah banyak itu memerlukan penginstallan secara manual via dobel klik. Tentu saja hal itu sangat merepotkan bila kita melakukan dobel klik file deb pada paket aplikasi yang banyak jumlahnya. Selain repot karena dobel klik, kita juga direpotkan dengan mencari paket secara urut. Misalnya dari sejumlah paket kudu diinstall file deb yang ini dulu, baru paket itu terus paket yang itu. Merepotkan euy..

Oleh karena permasalahan di atas tersebut, saya menemukan cara yang diperuntukan bagi pengguna Ubuntu pemula seperti saya agar dapat menginstall paket deb dengan mudah. Kronologis langkah-langkahnya yaitu

– kita tempatkan dulu paket yang baru kita unduh dari apt-web ke folder khusus. Misalnya saya baru saja mengunduh paket Supertux dari apt-web, lalu saya buatkan folder dengan nama supertux di direktori unduhan/download. Saya pindah file deb supertux ke dalam folder supertux tadi & kita lanjut ke langkah berikutnya

– buka terminal, masuklah ke dalam direktori tempat folder yang berisi paket-paketnya. Contohnya yaitu saya akan masuk ke dalam direktori Unduhan serra masuk ke dalam folder supertux tadi. Saya ketik

~$ cd Unduhan/supertux/

lalu enter, di sini saya telah masuk ke dalam folder supertux langsung dari terminal. Selanjutnya saya hendak menginstall semua paket deb di dalam folder supertux. Untuk menginstall semua paket itu saya ketikan di terminal

sudo dpkg  -i  *

lalu enter. Di command ini saya menambahkan tanda bintang setelah command install paket. Dengan memberi tanda bintang berarti kita menyuruh Ubuntu untuk menginstall semua paket yang ada sesuai direktori yang kita tuju. Kita tinggal isi password lalu menunggu & menonton Ubuntu menyelesaikan proses installasi secara otomatis. Cara yang saya lakukan ini juga bisa diterapkan pada paket yang lainnya karena intinya kita mengunduh paket lalu kita mengeksekusi paket tersebut secara bersama-sama di direktori yang kita buat.

Demikianlah tulisan singkat ini tentang installasi paket, semoga bermanfaat😀 .

5 pemikiran pada “Menginstall paket deb dari apt-web dengan cepat

Tinggalkan Balasan

