Setelah puas bermain irc melalui aplikasi Xchat, pada kali ini saya mencoba irc pada aplikasi messenger yaitu  Emphaty. Empathy adalah salah satu aplikasi messenger yang support banyak akun serta telah terintegrasi di Ubuntu. Sebelumnya saya jarang sekali  menggunakan Empathy ini karena selain kurang familier karena terbiasa memakai Pidgin, Emphaty ini kurang populer di hati & benak saya yang paling dalam😀 .Adapun saya memilih irc di Empathy ini karena di bukanya channel #ubuntu-indonesia di @irc.freenode.net.

Baiklah,langsung saja kita mulai langkah mudahnya

– pastikan teman-teman memakai Ubuntu & terkoneksi dengan internet aktif

– buka messenger Emphatynya, bila tak ada maka install dulu dengan mengetik

apt-fast install emphaty

– setelah jendela Emphaty messenger terbuka, klik pada sunting>akun atau tekan tombol F4. Akan terbuka jendela pengaturan akun & voip. Untuk menambah akun kita ke irc maka kita klik tambah, lalu akan muncul jendela pembuatan akun baru. Untuk membuat akun irc kita pilih irc pada drop down protokol, kemudia pada jaringan kita pilih freenode karena memang kita akan bergabung chat di server itu. Dilanjutkan dengan mengetikan nama pada panggilan serta pada nama asli. Pada textbox sandi & pesan keluar tidak perlu diisi, setelah selesai kemudian klik masuk. terlihatlah proses terhubungnya Emphaty dengan ircnya yang ditandai dengan adanya terjalinnya koneksi bila berhasil.

Berikutnya setelah koneksi irc freenode telah berhasil terjalin, dilanjutkan dengan menambah channel di mana pada contoh kali ini kita akan bergabung dengan channel #ubuntu-indonesia. Untuk bergabung dengan channel #ubuntu-indonesi di irc maka kita klik menubar ruang pada emphaty, lalu klik gabung. Akan muncul jendela gabung lalu kita ketikan saja di textbox ruangnya #ubuntu-indonesia & jangan lupa akunnya kita pilih irc kita. Setelah itu klik gabung, tunggu proses sampai munculnya jendela baru yang berisi room #ubuntu-indonesia. Dengan munculnya room #ubuntu-indonesia maka menandakan bahwa kita telah berhasil membuat channel irc di Emphaty.

Demikianlah tulisan singkat tentang Emphathy ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya yak😀 .

7 pemikiran pada “Cara mudah menyetting IRC di Emphaty

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s