Sekian lama memiliki akun di Twitter, baru kali ini saya mempunyai minat untuk mencobanya. Saya sendiri jarang memakainya karena pada waktu yang lalu yang teman-teman saya yang memakai sedikit. Selain itu saya rasa Twitter ini juga mempunyai kesulitan lebih dibandingkan dengan Facebook yang tinggal pakai. Oleh karena itu saya jarang sekali memakainya meskipun sesekali waktu saya berkunjung ke akun Twitter saya tersebut.

Hotot

Rasa penasaran sayaterhadap Twitter ini memuncak pada akhir-akhir ini karena banyak teman-teman yang memilikinya serta saya perhatikan kok agak menantang gitu. Mungkin juga karena disebabkan oleh kebosanan saya pada Facebook yang saban hari saya tongkrongi sehingga ingin berpaling pada jejaring sosial yang lain. Moment ingin mendalami Twitter ini pas sekali dengan adanya berbagai aplikasi microblogging client di Ubuntu Linux. Saya pun mencoba berbagai Twitter microblogging client dari Gwibber, Choqok sampai Hotot. Dari ketiga aplikasi Twitter yang ada di Ubuntu Lucid saya hanya ada satu yang bisa saya pakai yaitu Hotot, sedangkan aplikasi sisanya sama sekali tidak bisa berjalan. Misalnya pada aplikasi Gwibber yang saya install dari repositori Ubuntu hingga dari PPA telah saya coba, tetapi masih belum bisa aktif. Demikian juga dengan aplikasi Choqok, sebelas duabelas dengan Gwibber😀 . Sampai saya bertanya-tanya apakah saya yang tidak bisa menyettingnya atau memang aplikasinya sendiri yang problem. Dah, daripada mikirin itu lebih baik saya memakai aplikasi Hotot yang bisa dipakai & berikut laporannya.

Untuk memakai aplikasi Hotot ini kita perlu memasangnya dulu di Ubuntu karena memang belum terinstall secara default. Aplikasi Hotot ini juga tidak tersedia di repositori Ubuntu melainkan tersedia di PPA. Berikut langkah pemasangan Hotot di Ubuntu Lucid saya

– pastikan teman-teman memakai koneksi internet aktif di Ubuntunya, kemudian buka terminalnya lalu ketik

sudo add-apt-repository ppa:hotot-team

lalu enter, isi password anda lalu enter lagi & tunggu sampai proses selesai.

– dilanjutkan dengan mengupdate & menginstall paketnya dengan mengetik command di terminal

sudo apt-fast update && sudo apt-fast install hotot (bagi teman-teman yang tidak memakai apt-fast maka ganti dengan apt-get)

lalu enter, isi password juga & anda bisa melihat proses update serta penginstallannya.

Setelah aplikasi Hotot telah terinstall, kita bisa membuka Hotot di aplikasi>internet>hotot twitter client. Setelah jendela Hotot terbuka maka kita tinggal menyettingnya menggunakan akun Twitter kita. Berikut langkah-langkah setting Hototnya

– pada jendela Hotot klik pada sign up, lalu akan muncul jendela kecil. Klik pada click me to continue untuk membuka akun Twitter di brower anda. Maksud dengan munculnya halaman Twitter di browser setelah klik me to continue yaitu untuk memunculkan PIN kode API Twitternya. Di halaman web twitternya anda isi dengan user name & passwordnya kemudian klik Allow. Akan muncul PIN kodenya & silahkan anda salin ke jendela Hototnya lalu klik ok. Bila semuanya berjalan lancar maka Hotot akan menampilkan isi Twitter anda & siap digunakan. Tentang fitur Hotot sendiri silahkan teman-teman jelajahi sendiri yah soalnya kalau ditulis panjang bener deh.

Demikian tulisan ini selesai & selamat mencoba😀 .

3 pemikiran pada “Memasang Hotot, Twitter Microblogging Client di Ubuntu Lucid

Tinggalkan Balasan

