Lagi & lagi saya tak henti-hentinya mengupas tentang tampilan desktop Ubuntu karena memang itemnya sangat banyak serta bagus-bagus lagi😉 . Pada kali ini saya akan membahas tentang pemasangan Faena icon set yang telah tersedia di PPA, adapun saya memperoleh informasi tentang PPA Faenza ini dari omgubuntu.co.uk.

Faenza icon ini adalah set ikon yang tampilannya elegan & cool menurut penilaian saya sendiri. Meskipun masih banyak sekali icon untuk Ubuntu terutama untuk lingkungan GNOME yang berada di gnomelook-org, Faenza ini memiliki highest rated serta favorit banyak pengguna Ubuntu. Oleh karena itu saya pun penasaran seperti apa tampilannya & segera menginstallnya di Ubuntu Lucid saya bersanding dengan tema Macbuntu+Conky.

Untuk memasang Faenza icon via PPA ini juga mudah, karena kita tinggal memasang alamat PPA, mengupdate terus menginstallnya. Adapun untuk rincian langkah-langkahnya yaitu

-hubungkan Ubuntu anda dengan internet & buka terminal lalu ketik command

sudo add-apt-repository ppa:tiheum/equinox

lalu enter, isi password & enter lagi

-dilanjutkan dengan mengupdate paketnya dengan mengetik command

sudo apt-get update

-setelah Ubuntu kita telah terupdate, dilanjutkan dengan menginstallnya. Ketik command berikut lalu enter

sudo apt-get install faenza-icon-theme

kemudian enter. Tunggu sampai installasi selesai.

Bila proses installasi Faenza icon setnya telah rampun maka kita tinggal mengetesnya dengan mengganti icon set Ubuntu kita dengan Faenza icon set. Adapun cara mengganti iconnya menjadi icon Faenza yaitu

-klik kanan pada desktop lalu pilih Ubah latar belakang desktop/change desktop background. Muncul jendela preferensi penampilan, klik pada tab tema. Silahkan pilih pada tema yang anda sukai untuk bersanding dengan Faenza icon ini lalu klik atur/setting. Muncul jendela pengaturan tema, kemudian kita klik pada tab icon. Silahkan anda cari icon bernama Faenza atau Faenza dark, bila sudah lalu klik tutup/close. Perubahan icon di Ubuntu kita akan segera terjadi saat klik icon Faenzanya, silahkan anda nilai sendiri bagus atau tidak😉 .

Di Ubuntu Lucid saya, Faenza icon set ini saya pasangkan dengan tema Macbuntu+Conky. Sehingga akan  terwujud desktop yang minimalis serta yang penting nyaman di mata serta hati saya ;P . Demikianlan ulasan singkat tentang pemasangan Faenza icon set ini, meski memang mudah tapi saya tetap tulis sebagai pengingat karena saya memang agak pelupa orangnya hehehe. Selamat mencoba yak😉 .

2 pemikiran pada “Memasang Faenza Icon di Ubuntu Lucid

Tinggalkan Balasan

