Assalamu’alaikum semuanya?

Sebelumnya saya meminta maaf karena vakum ngeblog selama beberapa hari karena sedang touring Jakarta-Bandung PP serta tangan  kanan yang bengkak karena touring itu tadi hehhe😉 . Oleh karena itu saya baru bisa nulis pada kali ini dengan riang gembira😉 .

Baiklah, sudah cukup basa-basinya, kita langsung menuju topik postingan kali ini yaitu ngoprek atau merubah atau memodifikasi Synaptic Ubuntu Lucid. Adapun jelasnya yaitu kita akan mengoprek bagian dari Synaptic agar langsung menghapus paket yang telah terinstall atau bahasa kerennya cachenya. Seperti yang saya ketahui saat  kita hendak menginstall suatu aplikasi secara online maka Ubuntu  secara otomatis akan mengunduh paket-paket yang disediakan oleh server/mirror repositori yang telah kita tentukan, kemudian Ubuntu sendiri akan menyimpan  paket-paket tersebut di /var/apt/cache/archives  & baru kemudian Ubuntu melakukan proses penginstallan. Dan bila kita telah banyak menginstall aplikasi maka akan berimbas pada makin gemuknya kapasitas filesistem atau bahasa tumbuh-tumbuhannya yaitu root. Oleh karena itu pada oprekan kali ini kita akan membuat Ubuntu menghapus paket-paket cache tadi setiap selesai menginstall aplikasi. Lho kok dihapus Om? bukannya sayang kalau dihapus karena sudah berkorban bandwith? Jawaban saya yaitu ya kita hapus saja karena dengan menghapus pakett-paketnya maka akan menghemat ruangan filesistem & membuat kinerja Ubuntu enteng. Tetapi bila teman-teman ingin menghendaki penghapusan paket-paket seusai menginstall aplikasi maka jangan anda lakukan cara ini karena saya tidak bertanggung jawab di kemudian hari😉 .

Perutnya Ubuntu di sini sebelum diolah lebih lanjut😉

Kita langsung saja menuju proses oprek saja, silahkan disimak sesuka hati anda

– pastikan teman-teman memakai sistem operasi Ubuntu serta alangkah baiknya juga terkoneksi dengan internet. Kemudian buka Synaptic Packager Manager di Sistem>Administrasi>Synaptic Package Manager, isi password lalu enter. Muncul jendela Synapticnya

– lanjut dengan klik pada pengaturan>preferensi (saya memakai Ubuntu dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia,  untuk bahasa Inggris atau yang lain silahkan anda menyesuaikan), lalu muncul jendela preferensi Synapticnya. Klik pada tab Berkas lalu cari pada opsi Hapus paket-paket yang telah diunduh setelah pemasangan lalu berilah tanda centang untuk mengaktifkan opsi tersebut. adapun arti opsi tersebut sangat jelas artinya yaitu agar Ubuntu menghapus paket=paket yang telah diunduh tadi selepas penginstallan selesai. Bila selesai lalu klik Terapkan & ok.

Synaptic>preferensi>berkas

Dengan aktifnya opsi yang telah saya sebutkan di atas maka setiap kali kita menginstall aplikasi maka paket-paketnya akan langsung hilang karena otomatis akan terhapus. Adapun untuk mengembalikan settingan Ubuntu agar tidak menghapus paket-paketnya lagi maka tinggal anda ke Synaptic lalu klik pada opsi Hapus paket-paket yang tidak tersedia lagi.

Demikianlah langkah singkat untuk membuat Ubuntu tetap langsing sehingga lari sprintnya pun semakin cepat. Silahkan mencoba bagi teman-teman yang berminat & ALL IS WELL!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s