Cara biasa untuk menghapus file di sistem operasi manapun  adalah dengan menekan tombol Delete. Sekali tekan tombol sakti tersebut, file atau shortcut di desktop pun akan lenyap tak bersisa. Akan tetapi bagaimana bila suatu saat kita ingin menghapus suatu file yang tidak bisa terhapus dengan menekan tombol Delete? Saya pernah mengalami kejadian seperti itu yaitu tidak menghapus sebuah file, sampai-sampai saya heran kok bandel amat neh filenya. Sampai suatu ketika saya menemukan solusinya di terminal Ubuntu saya.

manual page rm

Adapun cara yang saya tempuh ini setelah tombol Delete tak mempan & memakai command di terminal. Berikut penjelasannya

– command untuk menghapus file biasa di Ubuntu Linux bisa memakai command

rm [nama file sampah]

lalu enter, untuk contoh saya akan menghapus file  price_list_reguler_2010_7_44.png di direktori Unduhan saya. Saya masuk ke direktori Unduhan di terminal dengan mengetik

cd Unduhan

Berikutnya saya ketik command berikut untuk menghapus file sampahnya

 

yogieza@Lenovo-G450:~/Unduhan$ rm price_list_reguler_2010_7_44.png

lalu enter & file sampah langsung mampus.

– Bila cara di atas beum sukses maka teman-teman bisa memakai command tambahan seperti ini

rm -r [nama file sampah]

untuk contoh saya ketik command seperti ini

yogieza@Lenovo-G450:~/Unduhan$ rm -r price_list_reguler_2010_7_44.png

lalu enter

– Bila file sampah masih belum modyarr maka kita memakai tambahan command seperti ini

rm -rf [nama file sampah]

untuk contoh penulisannya sebagai berikut

yogieza@Lenovo-G450:~/Unduhan$ rm -rf price_list_reguler_2010_7_44.png

– Tetapi bila masih belum mempan juga maka kita memakai otoritas root untuk menghapusnya. Seperti ini commandnya

yogieza@Lenovo-G450:~/Unduhan$ sudo rm -rf price_list_reguler_2010_7_44.png

lalu enter & isi passwordnya.

Bila masih belum juga hilang file nya maka bawa ke saya saja komputernya, biar saya format sekalian dengan gparted hehehehehehe (just kidding)

Demikian tulisan singkat ini telah rampung, silahkan mempraktekannya & ALL IS WELL😉 .

 

Sumber : manual page rm

 

 

 

 

2 pemikiran pada “Membantai File di Ubuntu Lucid

  1. Bang Desktop Ubuntunya kok keren terutama bagian samping kanan kliatannya ada beberapa aplikasi yg di pasang, apa aja aplikasinya,share donk?

Tinggalkan Balasan

