Berawal saat saya sedang pelesiran di forum kaskus.us subforum Linux , saya menemukan sebuah thread yang patut sekali untuk dibaca. Inti dari thread tersebut sesuai dengan judul postingan ini yaitu menggunakan tools arpon untuk mengatasi netcut terkutuk.

Sebagaimana yang dialami oleh pengguna wifi gratisan seperti saya yaitu adanya penjahat yang menggunakan netcut untuk memotong jalur internet kita sangatlah meresahkan. Apalagi bila koneksi kita dipotong pas sedang mengunduh atau pas pelan jalannya. Dunia serasa mau meledak duarrrr deh bila kejadian itu kita alami heheehhe😉 .

Di Ubuntu memang tersedia tools semacam Tuxcut untuk melindungi kita dari penjahat terkutuk tersebut, tinggal klik protect lalu aman. Tetapi dari thread yang saya baca tersebut diketahui bahwa dengan mengaktifkan fitur protect tersebut juga mengakibatkan lari koneksi internet kita menjadi pelan. Tentang penyebab kok bisa menjadi pelan jangan tanya saya, tanya aja rumput tuh😉 . Untunglah di thread itu juga diperkenalkan tools yang bernama arpon yang berguna untuk mengamankan koneksi kita tanpa memperlambat lari koneksi internet kita. Untuk informasi tentang arpon silahkan baca manual pagenya.

manual page arpon

Untuk menggunakan arpon ini, terlebih dulu kita menginstallnya dulu dengan mengetik command

sudo apt-get install arpon

lalu enter & isi passwordnya. Adapun untuk konfigurasi arpon ini tidak kita ubah karena memang itu petunjuk dari thread yang saya baca. Kemudian untuk mengaktifkan arpon ini ketika kita sedang berhotspot maka kita  ketik command

sudo   arpon   -y

lalu enter & kasih password. Di terminal nanti akan terlihat aktifnya arpon ini & silahkan berhotspot.

Akan tetapi bila cara ini belum sukses dengan kata lain kita masih bisa di cut oleh si penjahat maka mungkin ada konfigurasi yang perlu dimodif lagi. Silahkan teman-teman balik lagi ke Tuxcut atau kalau tidak tahan maka lapor polisi Cyber Crime saja yak😉

#edit :

untuk mengktifkan arpon ini dengan cara lain dengan

-buka terminal lalu ketik sudo nano  /etc/default/arpon  atau bisa juga dengan sudo gedit   /etc/default/arpon lalu enter & isi password

akan muncul  konfigurasi arpon ini, untuk mengaktifkan arpon maka lihat pada baris ini

# Modify to RUN=”yes” when you are ready

RUN=”no”

 

-ubahlah konfigurasi di atas menjadi yes

# Modify to RUN=”yes” when you are ready

RUN=”yes”

-setelah selesai save lalu close, arpon telah aktif konfigurasinya .

 

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5625154

15 pemikiran pada “Mengatasi Serangan Netcut dengan ARPON di Ubuntu Lucid

  1. maap saya malah komen di komentarnya =>this is yogieza
    saya telah edit tulisan & saya tambahkan cara untuk mengaktifkan arpon juga. semoga membantu

  2. om, bagusan arpon atau tuxcut ya..?
    oia mau nanya, stlh masuk settingan arpon, aku lupa cara ngesave via terminal..
    mohon pencerahannya ya om..(hal kecil yg sering lupa)🙂
    makasih.
    update terus ya blog nya..
    thx ya
    Go UBUNTU

  3. om, stlh saya rubah menjadi ‘yes’ dan saya running dngn ngetik (sudo arpon -y ) kok masih ada tulisan ini ya om (ERROR: arpon.c:685 @ eth0: no IPv4 address assigned.).?
    knp ya atau harus di restart dulu..? apakah arpon bisa ngecut jaringan kaya di TUXCUT om ?
    mhn pencerahannya om.
    thx

  4. kalo di fedora ko settingan ny kosong ya kak …..ap yang harus di isi ,…

    udah saya cari settingan buat fedora tp ga nemu ,mhn bantuan ny😀

  5. sudah kak tapi tetep aj arpon -y nya ga bisa,….

    abis keliling saya dapet perintah arpon -i wlan0 itu bisa di pakai ,tapi arpon -y ga bisa,bisa di jelaskan ga kak beda nya perintah tsb…

    1. hmmm, dari keterangan yg saya peroleh saat mengaktifkan arpon muncul petunjuk untuk menuliskan perintah tsb. mungkin cara yang kamu pakai itu yang efektif untuk menjalankan arpon,CMIIW

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s