Plymouth adalah tampilan animasi pembukaan antara GRUB sampai munculnya tampilan layar login serta pada bagian ketika Ubuntu akan shutdown. Tampilan plymouth default Ubuntu Lucid yaitu adanya tulisan Ubuntu berlatar belakang wallpaper abu-abu serta ada 5 titik yang menyala & menandakan proses bootingnya.

Namun bila teman-teman bosan melihat tampilan plymouth Ubuntu yang itu-itu terus & ingin menggantinya dengan plymouth lain maka bisa kok. Misalnya saja saya ingin mengganti plymouth default Ubuntu dengan plymouth Sabily 10.04 yang saya dapatkan dari PPA Sabily kemarin. Berikut cara yang saya gunakan & menggunakan CLI yang mudah dipraktekan😉

– Setelah saya memasang plymouth Sabily 10.04 via terminal, bisa juga via Synaptic selanjutnya saya buka terminal

– Kemudian ketik command berikut untuk menampilkan plymouth yang ada di Ubuntu Lucid saya

sudo update-alternatives  – -config default.plymouth

lalu enter & isi passwordnya. Di terminal saya akan muncul list plymouth yang sudah saya install. Terlihatlah di situ bahwa tema plymouth Sabily saya ada di urutan ke lima.

– Setelah enter command di atas ada pertanyaan “Press enter to keep the current choice[*], or type selection number: “. Perintah ini maksudnya yaitu Ubuntu menanyakan kepada kita tema plymouth mana yang akan kita pilih serta diaktifkan. Oleh karena tema plymouth Sabily saya ada di nomor 5 maka saya ketik 5 lalu enter.

– Setelah proses di atas selesai, dilanjutkan dengan mengupdate initramfs Ubuntu dengan mengetik

sudo  update-initramfs  -u

lalu enter & isi passwordnya. Untuk perintah ini musti kita lakukan karena bila tidak maka plymouth yang kita aktifkan tadi hanya tampil pada bagian endingnya saja sedangkan pada tampilan awalan masih tetap memakai plymouth default Ubuntu.

Proses penggantian plymouth Ubuntu Lucid saya

Oh iya, cara ini juga berlaku untuk mengganti plymouth yang lain  juga lho. Sebelumnya saya meminta maaf karena tidak dapat menunjukan tampilan plymouth yang sudah saya ganti menjadi plymouth Sabily😉 .

Demikian tulisan singkat yang bersumber dari maketecheasier.com , semoga bermanfaat bagi teman-teman😉 .

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s