Bagi teman-teman yang sering mengupdate Ubuntu setiap kali ada update notifikasi tentulah tahu bila ada kernel baru yang masuk pasti akan menggantikan kernel yang lama. Dengan masuknya kernel baru yang tentunya lebih update keamanannya membuat sistem Ubuntu lebih bagus kinerjanya. Selain itu pengenalan hardwarenya juga lebih banyak karena memang driver-driver hardwarenya juga turut serta di injeksikan ke kernel tersebut. Di sinilah kegunaan mengupdate Ubuntu umumnya & update kernel khususnya hehehe😉 .

Sebaliknya, dengan bertambahnya kernel baru di sistem Ubuntu tentu saja mengakibatkan kernel lama tidak terpakai. Ironisnya, kernel lama ini tidak serta merta langsung lenyap saat proses pergantian kekuasaan melainkan masih berdiam diri di sistem Ubuntu kendati telah non aktif. Sebagai bukti nyata kernel lama masih eksis setelah update kernel yaitu pada GRUB akan muncul daftar boot yang juga menyertakan kernel yang lama. Oleh karena itu kernel usang ini perlu dimusnahkan karena selain membuat penuh daftar GRUB juga membuat penuh space root Ubuntu kita😉 .

Berikut ini saya akan membahas tentang cara menghapus kernel usang Ubuntu dengan cara paling mudah yaitu menggunakan aplikasi Ailurus dengan fitur  Clean Upnya. Untuk installasi Ailurus di Ubuntu Lucid khususnya bisa baca di postingan lalu, lalu lanjut ke paragraf di bawah ini

– Buka Ailurusnya, kemudian klik langsung ke icon Clean Up. Muncul dibawahnya konfigurasi pembersihan sistem Ubuntu, untuk membersihkan kernel lama silahkan klik pada opsi Unused Linux Kernels. Setelah itu akan muncul di sebelah kanannya daftar kernel lamanya, silahkan  beri tanda cek untuk menghapusnya. Dilanjutkan dengan  klik tombol Delete & isi passwordnya. Akan muncul proses penghapusan kernel via terminal nantinya.

Kernel Usang di Ubuntu saya

 

Demikianlah menghapus kernel lama Ubuntu dengan Ailurus, semoga menjadi pengingat saya dalam kebersihan Ubuntu😉 .

5 pemikiran pada “Menghapus Kernel Usang di Ubuntu Lucid via Ailurus

  1. kalo dari kernel, caranya
    sudo apt-get remove linux-image (silahkan pencet tab nanti akan tersedia pilihan mana yg akan di hapus,ex 28)
    selanjutnya
    sudo apt-get remove linux-header (sda)
    ..
    salam kenal.
    btw, aplikasinya saya baru tau jg niy,,
    thx ya infonya.

    almanfaluthi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s