Assalamu’alaikuam & pagi semuanya?

Di pagi yang dingin ini karena turun hujan rintik, saya akan menuliskan tentang cara mengganti icon aplikasi Ubuntu. Maksudnya yakni saya akan mengganti icon yang ada di aplikasi saat kita tekan start menu Ubuntu di pojok kiri atas itu. Berbeda dengan postingan sebelumnya karena pada postingan tersebut hanya mengganti icon start menunya. Sedangkan pada kali ini kita akan mengganti icon dari aplikasi-aplikasi yang ada di start menu Ubuntu.

Berikut caranya

– Sebagai contoh, saya akan mengganti icon Faenza Ubuntu dengan icon custom  Nobita & Doraemon yang saya unduh di http://www.veryicon.com/icons/movie–tv/doraemon/ . Icon custom tersebut akan menggantikan icon aplikasi yang saya pilih nanti. Untuk icon kartun lain yang lucu juga bisa anda dapatkan di link tersebut.

– Kemudian buka tools Main Menu di System>Preferences>Main Menu, lalu muncul jendela Main Menunya. Untuk mengganti icon aplikasi Ubuntu kita lihat pada bagian kanan, di situ terlihat daftar menu aplikasi Ubuntu. Untuk mengganti iconnya maka cukup dengan klik ganda pada nama aplikasinya, lalu muncul jendela Directory Propertiesnya. Silahkan klik pada kotak kecil sebelah kiri & carai icon penggantinya, klik close bila telah selesai. Untuk mengganti icon aplikasi lain juga menggunakan cara yang sama jadi silahkan anda ganti sesukanya.

Demikian cara mengubah icon pada menu aplikasi Ubuntu dengan cara sederhana, selamat mencoba😉 .

4 pemikiran pada “Mengganti Icon Application di Ubuntu

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s