Langkah pertama yang saya lakukan setelah menginstal Sabayon Linux 5.4 adalah menghubungkannya dengan internet. Adapun device yang saya gunakan pada kali ini yaitu menggunakan modem CDMA pinjaman adik saya yaitu ZTE AC 2726 yang ternyata telah terdeteksi dengan baik oleh Sabayon ini.

Dengan terdeteksinya modem CDMA bertarif Rp. 45 ribu ini sebenarnya membuat saya lega karena tak perlu berurusan dengan usb_modeswitch. Tetapi masalah juga timbul kendati telah terdetek yaitu tidak terhubungkannya dengan internet. Adapun untuk menghubungkan dengan internetnya saya memakai network manager bawaan Sabayon GNOME. Setelah berkali-keli memodif isi dari koneksi CDMA ini di network manager tetap saja tidak konek-konek & hanya ada tampilan 2 bulatan memutar pada applet network managernya. Dengan kenyataan itulah mau tak mau saya memakai jurus pamungkas yaitu dengan memakai wvdial.

Pada Sabayon 5.4 ini ternyata tidak disertakan paket wvdial & saya harus mengunduhnya secara manual di webnya Sabayon. Adapun dependensi wvdial pada Sabayon 5.4 ini yaitu gnome-ppp yang telah terinstall. Oleh karena itu pada kali ini kita hanya mengunduh paket wvdial, menginstallnya, menyetting modem melalui wvdial & mengkonekannya. Berikut langkahnya

– Unduh dulu paket wvdial di web Sabayon, sesuaikan dengan arsitektur PC anda & unduh.

– Setelah paket wvdial telah terunduh maka akan didapatkan paket bernama net-dialup-wvdial-1.61~0.tbz2 yang terletak di home anda.

– Buka terminal kesayangan lalu masuk ke mode root dengan menekan su

lalu Enter & masukan password root anda. Setelah itu kita tinggal menginstall paket net-dialup-wvdial-1.61~0.tbz2 ini dengan cara mengetik command

equo install net-dialup-wvdial-1.61~0.tbz2

lalu enter & muncullah proses installasinya. Proses installasi terlihat menarik karena huruf pada terminal kita terlihat berwarna-warni gitu. Tunggu sampai installasi selesai dengan ada tanda sukses terinstall gitu

Setelah paket wvdial terinstall maka kita tancapkan modem ZTE AC2726 CDMA di PC Sabayon 5.4 kita. Untuk memastikan apakah modemnya telah terdetek maka silahkan tulis command di terminal lsusb lalu enter. Oh iya, sebelum menulis perintah lsusb tadi kita perlu menjadi root dulu dengan mengetik su & isi password root anda.

– Selanjutnya kita akan membuat Sabayon 5.4 mengenali & membuat settingan sesuai modem ZTE AC2726 CDMA. Caranya yaitu masuk sebagai root dulu & ketik wvdialconf lalu enter. Akan terlihat proses pengidentifikasian modem CDMA ini oleh Sabayon, proses akan berhenti ketika Sabayon telah menemukan tempat modem di komputer kita.

Setelah Sabayon berhasil mengidentifikasi modem maka selanjutnya kita tinggal menyetting wvdial sesuai dengan ISP modem kita dimana pada modem ZTE AC2726 ini memakai ISP dari smart. Untuk menyetting konfigurasi wvdial maka kita tulis di terminal(mode su) nano /etc/wvdial.conf

/etc/wvdial.conf

lalu enter. Pada jendela nano wvdial.conf akan tampak konfigurasi modem ini. Kita hanya tinggal mengisi user name & passwordnya saja. Untuk username isi dengan smart & juga untuk passwordnya. Di konfigurasi wvdial.conf tersebut terdapat tanda titik koma (;), hapus saja tanda tersebut karena tidak berfungsi sama sekali.Setelah selesai lalu tekan ctr+X untuk keluar, lalu tekan Y untuk menyimpan & tekan enter. Bila anda tak terbiasa dengan text editor nano maka anda bisa menggunakan teks editor gedit

– Untuk membuktikan langkah di atas maka kita tinggal mengeksekusi modemnya dengan cara menulis command wvdial di terminal lalu enter. Bila prosesnya benar maka akan muncul proses serta munculnya IP di terminal kita & internet telah terjalin.

Demikianlah langkah mudah setting wvdial di Sabayon 5.4 GNOME, semoga bisa menjadi pengingat untuk saya & terima kasih😀 .

6 pemikiran pada “Setting Modem AC 2726 di Sabayon 5.4 GNOME

    1. cara untuk setting wvdialnya sama hanya setting ISPnya saja nanti.tetapi itu dengan catatan bahwa modem nya telah deteksi sempurna, modem terdeteksi akan muncul kode seperti ini saat di lsusb di terminal (sebagai contoh modem saya)
      Bus 006 Device 003: ID 19d2:fff1 ONDA Communication S.p.A.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s