Sedang asik-asiknya memainkan file multimedia semacam mp3 & DAT timbul suatu hal yang kurang sreg yaitu volume suara yang tidak keras kendati volume applet di panel atas telah saya posisikan ke max. Sound pada System>Administrasi juga telah saya oprek & hasilnya masih sama yaitu suara yang tidak keras. Langkah terakhir yakni bermain ke forum Sabayon untuk mencari solusi terbaik dari master-master di sana.

Tak percuma saya bermain di forum Sabayon karena saya telah menemukan cara untuk membuat volume suara menjadi keras yang bersumber dari thread di situ. Berikut caranya

  • Pastikan anda memakai OS Sabayon Linux & bukalah terminal kesayangan anda
  • ketik command alsamixer kemudian enter. Akan muncul tampilan seperti grafik volume suara di terminal anda, tekan tombol f6 untuk memilih sound card komputer anda. Akan muncul list kartu suara setelah menekan tombol f6, silahkan anda pilih kartu suara dengan menekan tombol panah atas bawah. Sebagai contoh pada Lenovo saya memakai sound card HDA INTEL lalu saya enter.
  • Muncul konfigurasi alsamixer berbentuk grafik lagi, untuk mengeraskan volume suara maka pilih pada tab Master dengan menekan tombol panah kanan kiri. Untuk menambah/menguragi nilai intensitas suara dengan menekan tombol panah atas & bawah.

  • Setelah selesai menambahkan volume pada Master alsamixer tekan esc untuk keluar. Silahkan anda buktikan volume suara pada Sabayon 5.4 yang memang menjadi keras beneran😀

Tinggalkan Balasan

