Sembari mengupgrade paket Sabayon 5.5 di roket net, saya nyambi nulis tutorial singkat untuk membuat bening tampilan jendela aplikasi pada Sabayon 5.5 KDE  seperti di bawah ini

Berikut caranya

-pastikan anda mengaktifkan efek desktop Kwin pada Sabayon KDEnya, untuk memastikan apakah telah aktif atau belum silahkan anda buka System Settings>Desktop Effects. Pada bagian Configure desktop effects pastikan ada tanda centang atau belum pada opsi enable desktop effects. Oh iya, efek tampilan jendela bening hanya bisa dengan enablenya desktop effects.

Desktop Effects Enable

-selanjutnya masih pada System Settings, klik pada Application Appearence.  Di situ akan terlihat berbagai settingan untuk style, color, icons dll. Klik pada bagian Style untuk mengkonfigurasi tampilan jendelanya. Masih pada Style, pada Tab Application pilih Qtcurve pada bagian widget stylenya lalu klik configure. Muncul jendela Configure Qtcurve yang berisi banyak pilihan untuk mengkonfigurasi tampilan jendela, klik pada opsi Opacity untuk memodif tampilan jendela. Pada bagian setting Opacity terdapat 3 opsi setingan untuk Windows, dialog & popup menu. Silahkan anda bereksperimen sendiri dengan mengurangi/menambahkan tingkat transparannya, untuk melihat seberapa transparan silahkan klik Ok.

Setting Opacity

Agar tampilan bening jendela terlihat sempurna maka ada baiknya kita memasang tema desktop KDE yang transparan pula. Pada Sabayon saya pada kali ini saya pasang tema transparant H20 yang saya dapat dari kde-look.org.

Transparency Theme

Demikian langkah singkat membuat bening tampilan jendela KDE di Sabayon 5.5, tampilan transparan memang indah & istimewa kan?😀 .

12 pemikiran pada “Membuat Bening Tampilan Jendela pada Sabayon 5.5 KDE

  1. Itu gambar nomer dua apa-apan gan? Yang kanan jelek banget item putih doank, jadul banget gitu… Ehh btw tu koq ada FB yg punya, siapa ya kayaknya kenal deh (rofl)

  2. Maaf baru komen gan, sekalian tanya2 neh. Sabayon bisa instal pake usb ga? Soalnya CD ROM ane error. Pecel ane gagal instal semua di Acer, restart mulu. Terpaksa ol pake WenduzXP.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s