Assalamu’alaikum my friends?

Di malam Minggu yang sepi & biasa ini telah tersedia update terbaru untuk Sabayon 5.5 saya. Tak perlu tunggu lama saya langsung menuju cafe internet langganan saya untuk mengupdate paketnya secepat mungkin. Sembari menunggu proses update selesai, saya manfaatkan kesempatan ini untuk mengupdate blog saya. Tema kali ini yaitu mengaktifkan touchpad Lenovo G450 !

Sebagaimana yang telah saya catat di postingan lalu bahwa setelah memasang Sabayon 5.5 KDE terdapat beberapa problem yang salah satunya yaitu tidak aktifnya tombol touchpad Laptop Lenovo G450 saya. Dikarenakan pada kali ini saya memakai desktop KDE maka saya perlu sedikit memutar otak untuk menemukan solusinya, maklum dari dulu menggunakan desktop GNOME terus😀 . Setelah berhari-hari ngoprek Sabayon 5.5, Alhamdulillah saya berhasil menemukan jawabanyya kendati gampang-gampang susah. Lho, kok bilang gampang-gampang susah? ya karena untuk mengaktifkan touchpad ini telah tersedia fitur settingannya di System Setting, dikarenakan saya belum adaptasi dengan KDE maka saya ngoprek sampai ke bagian synaptics segala & hasilnya gagal.

Berikut cara untuk mengaktifkan touchpadnya

-Hidupkan Sabayon 5.5 dengan semangat, tunggu sampai muncul tampilan desktop KDEnya. Oh iya, cara ini hanya bisa diterapkan pada desktop KDE!

-Setelah masuk pada desktop Sabayon maka bukalah aplikasi System Settings yang terdapat di Kickoff menu>Computer>System Settings.

-Klik pada bagian Input Devices di jendela System Settingnya, akan muncul konfigurasi pengaturan mouse, keyboard beserta touchpadnya. Klik pada bagian Touchpad tentunya untuk menyetting touchpad Laptop.

-Setelah di klik pada Touchpadnya, di sebelah kanan terdapat konfigurasi untuk mengaktifkan touchpad, mengatur scroll beserta mengatur klik yang dikenal dengan istilan tapping😀 .

Berikut konfigurasi agar touchpadnya aktif

klik pada tab General,  pada bagian touchpad state at startup klik  dropdownnya menjadi switch on

lanjut ke tab scrolling, beri tanda centang pada horizontal scrolling at bottom edge & vertical scrolling at right edge

klik pada tab tapping, beri tanda centang pada make single taps faster bla bla bla. Pada bagian Mouse clicks trigerred by tapping setting menjadi seperti dibawah ini

Setelah selesai semuanya kemudian reboot, silahkan anda test ride touchpadnya😀

12 pemikiran pada “Mengaktifkan Touchpad beserta Clicknya di Sabayon 5.5

      1. biasanya ada tombol khusus di laptop, fn + f1, f2, atau apalah, klo ditoshiba fn + f9 (beda merk beda kombinasi tombol, bahkan dibeberapa merk kadang ga ada tombolnya sekali), coba itu dulu, jika tetap tak berfungsi lalu pakai synaptics….🙂

  1. terima gajih banyak infonya bleh.. veri-veri bermanfaat sekali buat saya, bokis..eh..bikos saya sering kesulitan dalam mngendalikan keliaran laju kursor yang tak terkendali ketika saya sedang mengetik.
    hhee..

Tinggalkan Balasan

