Kemudahan memakai distro Blankon dapat kita jumpai saat menancapkan modem ZTE AC2726 dengan ISP Smart di Lenovo G450. Tunggu beberapa detik & otomatis terdeteksi sebagai device modem di Blankon kita. Kita setting pada network managernya & disesuaikan dengan ISP Smart agar koneksi internet dapat terjalin.

Bagi teman-teman yang malas memakai network manager untuk menjalin koneksi internet maka bisa memakai cara yang tidak biasa yaitu dengan memakai wvdial. Dengan memakai cara wvdial ini tentunya lebih menarik lagi karena menggunakan command line mode & lebih ringkas karena tak memakai klak-klik mouse. Untuk memakai wvdial di Blankon Ombilin memiliki penyettingan berbeda namun hampir sama dengan penyettingan wvdial pada distro Sabayon. Perbedaan penyettingan wvdial antara Blankon & Sabayon berbeda pada penggunaan hak root pada saat proses  wvdial. Pada Blankon ini untuk menyetting proses wvdial.conf & proses wvdial membutuhkan akses root, sedangkan pada distro Sabayon pada proses wvdial tidak perlu memakai akses root.

berikut cara menyetting modem ZTE AC 2726 dengan memakai wvdial di Blankon Ombilin

– unduh paket wvdial dulu & install. Paket wvdial bisa anda unduh di apt-web ataupun lewat koneksi network manager modem ini

– tancapkan modemnya di mesin Blankon anda, buka terminal & ketik lsusb untuk mengetahui apakah modem ini telah terdeteksi. Modem ZTE AC 2726 yang telah terdeteksi akan terlihat tampilan seperti di bawah ini

– kemudian kita konfigurasikan modem ini di wvdial dengan cara masuk sebagai root mode. Ketik di terminal sudo su lalu enter & isi password lalu enter.  Setelah masuk sebagai root mode selanjutnya ketik wvdialconf lalu enter. Akan terlihat proses identifikasi modem oleh Blankon Ombilin kita & proses akan terhenti bila modem kita telah ketemu konfigurasinya.

– setelah proses di atas selesai maka kita menyetting wvdial.confnya & disesuaikan dengan ISP modem ini. Masih dalam root mode ketik di terminal nano /etc/wvdial.conf lalu enter. Untuk menyetting wvdial.conf bisa juga dengan memakai cara ini gedit /etc/wvdial.conf lalu enter. Akan muncul pada jendela terminal (bagi pemakai nano) atau pada gedit (pemakai gedit) konfigurasi wvdial.confnya. Lalau setting wvdial.conf menjadi seperti di bawah ini. Setelah selesai lalu simpan & close

– lanjut ke tahap terakhir, setelah proses setting wvdial.conf selesai maka kita tinggal melakukan pemanggilan ISP dengan mengetik wvdial di terminal & harus memakai root mode. Ingat! saat melakukan proses dial menggunakan akses root, kalau tidak maka proses dial  tidak sukses. Proses dial dengan wvdial lalu enter akan muncul proses & hasil sukses akan dicapai bila terdapat IP address & DNS addressnya. Silahkan melakukan aktivitas internet dengan nyaman😀 .

4 pemikiran pada “Setting Modem ZTE AC2726 di Blankon Ombilin

    1. klo ubuntu 10.04 kemarin pakai network center… saya coba tetap not responding… udah google sana sini sami mawon, tapi anehnya sesama network center yang sejenis di open suse langsung jalan…, ya sudah network center gak bisa ngapa2in.. andalan sakti ya pakai wvdial dulu.., sama dengan distro aptosid, pakai KPPP gak bekerja, pakai wvdial langsung ON… cuman klo pakek paket ultimate/platinum gak bisa full speed dengan WVdial ini. CMIIW.
      🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s