Pada awalnya saya hanya ingin mengganti pemakaian bahasa Blankon yang sebelumnya memakai bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris lalu terapkan & log out. Setelah masuk ke desktop lagi terdapat suatu warning yang intinya apakah saya akan memakai nama direktori pada home berubah menjadi bahasa Inggris atau tetap memakai bahasa Indonesia. Saya pun memilih untuk berubah menjadi bahasa Inggris pada struktur direktori homenya & seketika direktori di home saya berubah.

Dampak penggantian bahasa tsb yaitu hilangnya direktori home di side panel nautilus saya. Maksudnya direktori home saya tidak  hilang di sistem Blankon Ombilin saya, hanya tempat home di side panel nautilusnya saja yang hilang. Hal ini berpengaruh pada berpindahnya semua isi direktori home (Dcocuments, Picture dll) ke direktori Desktop! Dengan  berpindahnya data home saya ke desktop Blankon maka muncul tampilan isi home saya pada desktop Blankon. Efek lain yang timbul yaitu di nautilus (file browser) Blankon saya letak direktori home lenyap dari side panel (panel kiri pada nautilus) . Struktur home saya yang tadinya normal seketika terhubung langsung dengan Desktop Blankon, mudahnya setiap kali saya klik home>yogieza maka akan aktif juga direktori Desktop di side panelnya. Hal ini sangat mengganggu sekali karena saya mencoba menghilangkan folder pada desktop Blankon & akibatnya data saya di home juga ikutan menghilang. Oleh karena itu saya menyimpulkan bahwa  kejadian tsb murni diakibatkan oleh penggantian bahasa yang mempengaruhi struktur direktori pada nautilus saya.

Kepala cenat-cenut sempat saya rasakan saat memperbaiki nautilus & desktop saya, gconf-editorpun sudah saya sambangi & hasilnya failed😀 . Saya googling sebentar & menemukan sebuah solusi di forum Ubuntu yang ampuh mengobati kerisauan saya. Berikut obatnya

-buka terminal Blankon lalu ketik

gedit ~/.config/user-dirs.dirs

lalu enter, muncul jendela gedit dengan konfigurasi sebagai berikut

lalu ubahlan konfigurasi pada home desktop (bagian atas) menjadi begini

setelah selesai klik save kemudian close. Silahkan log out & problem clear😀 .

direktori home sudah muncul di side pane left

 

 

 

Satu pemikiran pada “Memperbaiki Home Folder Nautilus yang hilang di Blankon 6

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s