Assalamu’alaikum semuanya?

Di pagi yang segar & dingin karena hujan turun dengan rintiknya membuat saya ingin bermain blog lagi. Tema kali ini yaitu membahas tentang problem PPA  error di Blankon Ombilin beserta solusinya.

Enaknya memakai Ubuntu, Blankon ataupun distro yang berkaitan dengan Ubuntu salah satunya yaitu dapat menambahkan aplikasi di luar repositori asli yang dikelola oleh pribadi & disebut dengan PPA. Aplikasi yang dikelola PPA ini jumlahnya bejibun & sangat menarik untuk dipasang. Untuk cara pemasangan sumber PPA ini pun mudah karena bisa dilakukan melalui terminal ataupun via Synaptic Package Manager. Untuk cara pemasangan PPA ini telah saya bahas pada postingan berikutnya.

Saat saya memakai Blankon Ombilin ini terdapat suatu masalah berkaitan  dengan PPAnya yaitu tidak terupdatenya PPA ini. Hal ini saya alami ketika memasang PPA untuk pertama kalinya di Blankon & PPA tersebut tak bisa di update.  Setelah diusut tuntas telah diketahui pokok permasalahannya yaitu pada distribusi PPA yang tertulis ombilin & seharusnya tertulis lucid. Berikut rinciannya

– Setelah kita tambahkan PPA baik dari Synaptic atau terminal bukalah Software Sources atau lumbung paket. Adapun Software Sources ini bila dibuka melalui Synaptic  yaitu  dengan klik  Synaptic Package Manager> settings>repositories. Bisa juga dengan klik System>administration>software sources

Untuk membuka Software Sources melalui terminal maka ketik command sudo software-properties-gtk lalu enter

– muncul jendela Software Sources, dilanjutkan dengan klik other pada jendela Software Sourcesnya. Di situ akan tampak list PPA yang telah kita tambahkan, klik PPA yang error lalu klih ubah/edit.  Muncul jendela ubah sumber/edit sources, klik pada text box distribution di situ & ubahlah menjadi lucid.(defaultnya ombilin). Setelah selesai lalu klik Ok.

– silahkan anda klik reload di Synaptic untuk mengupdate PPA tadi atau bisa dengan apt-get update di terminal

Problem solved😀

4 pemikiran pada “Mengatasi PPA Error di Blankon Ombilin

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s