Tombol Super yaitu sebuah tombol keyboard bergambar windows pada bagian atasnya & tersedia di hampir semua jenis keyboard laptop/pc kecuali Mac. Entah bagaimana sebabnya bisa ada tombol bergambar windows di keyboard yang pasti tombol tersebut jarang digunakan karena fungsinya yang membingungkan. Tombol Super tersebut juga ada di keyboard Lenovo G450 saya, kebanyakan nganggur & dipakai saat memainkan efek waternya compiz. Oleh karena itu saya pikir harus menggali potensi tombol tersebut agar fungsional.

Suatu ketika saat saya main ke sebuah web , saya membaca artikel tentang cara untuk membuat tombol Super tersebut menjadi start menu. Maksudnya yaitu kita bisa memunculkan Start menu Ubuntu GNOME dengan menekan tombol Super. Cara ini membuat simpel pemanggilan Start Menu dengan satu tombol😀 , oleh karena itu cara ini pantas untuk dicoba bagi yang ingin tombol windowsnya tidak nganggur & ingin yang simpel-simpel.

Cara ini hanya berlaku pada Blankon/Ubuntu GNOME & distro lain yang menggunakan GNOME

– buka editor konfigurasi dengan cara tekan tombol run ( alt+F2) lalu ketik gconf-editor lalu enter. Akan muncul jendela editor konfigurasinya

– lihat panel sebelah kiri dari gconf-editornya, klik pada tab apps>metacity>global_keybindings. Kemudian lihat panel sebelah kanan & klik pada panel_main_menu. Secara default panel_main_menunya memiliki konfigurasi Alt+F1, untuk membuat tombol windows memanggil start menu maka ubahlah valuenya menjadi Super_L dengan cara klik ganda pada panel_main_menu. Setelah valuenya diganti lalu enter, silahkan coba tekan tombol windowsnya untuk test ride😀 .

Oh iya, dengan diganti value pada panel_main_menu maka tombol alt+F2 tak bisa lagi untuk memanggil start menu. Untuk mengembalikan settingan ke awalnya caranya sama & diganti pada valuenya tadi.

3 pemikiran pada “Membuat Tombol Super untuk memanggil Start Menu

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s