Assalamu’alaikum semuanyaa?

Beberapa hari yang lalu saya melakukan repartisi ulang harddisk laptop saya dikarenakan susunannya sangat kacau. Dengan harddisk bawaan sebesar 160 GB, saya alokasikan 130GB ntfs untuk data, 15 GB untuk Ubuntu Lucid Remaster & sisanya untuk distro lain. Singkat cerita proses install & back up data berjalan sukses & thanks untuk harddisk eksternalnya Anggi yang saya pinjam untuk media back upnya😀 .

Setelah pemindahan data ke laptop & install Ubuntu selesai, saya lanjutkan dengan menginstall distro Open SUSE 11.4 KDE di partisi sisanya. Setelah bermain-main sejenak saya memutuskan untuk tidak memakainya lagi karena kemampuan saya yang cetek serta susahnya mengubungkan modem yang saya miliki. Ngoprek kembali berlanjut dengan mengganti distro OpenSUSE dengan PCLinuxOS 2010.12 KDE!

Installasi PCLinuxOS berlangsung cepat sekitar 10 menit & saya memakai GRUBnya PCLinuxOS yang masih memakai GRUB 1.97(bukan GRUB2). Setelah saya reboot laptop setelah installasi, tidak tampak list Ubuntu Lucid, masuk dulu ke PCLinuxOS untuk mengkonfigurasinya. Untuk menata ulang GRUB cukup memakai aplikasi Redo MBR yang telah tersedia di PCLinuxOS & hasilnya Ubuntu pun muncul di list GRUBnya.

Untuk pengenalan hardware pada laptop saya patut diacungi jempol karena terdetek sempurna, hanya saja efek desktop Kwinnya belum bisa diaktifkan😀 . Memainkan film & mp3 pun lancar jaya, wifi serta modem juga oke. Kelemahan distro ini menurut saya yaitu tidak tersedianya wvdial untuk dial modem, memakai netapplet bawaan PCLinuxOS belum bisa konek karena kendala pin >.< . Selain itu di PCLinuxOS ini juga agak rumit untuk mengatur internet via kabel LAN, lagi-lagi memakai netapplet bawaan tidak bisa saya gunakan juga.

Adapun untuk wvdial telah saya temukan cara menginstallnya sehingga modem AC2726 saya dapat digunakan & akan saya ulas penginstallannya wvdial yang agak rumit di postingan berikut. Untuk sementara saya puas memakai PCLinuxOS, distro rolling release yang radically simple😀

6 pemikiran pada “Installing PCLinuxOS 2010.12 on Lenovo G450

  1. wah siph nich, Jadi pengen istal Tuh , Tapi sudah terlanjur aq alokasikan HDq Ke Ubuntu ultimate

    Eh gan mau tanya bagaimana cara buat fitur “share this” kayak artikel di atas??? Bantuin donk gan caranya

Tinggalkan Balasan

