Assalamu’alaikum Om & Tante?😀

Dimulai dengan selesainya memasang distro PCLinuxOS dengan lancar, proyek berikutnya yaitu menghubungkan modem ZTE AC2726 agar bisa berinternetan di PCLinuxOS. Untuk mengetahui apakah modem saya telah terdetek cukup dengan membuka konsol lalu masuk sebagai root & lsusb. Hasilnya modem saya telah terdeteksi dengan baik oleh PCLinuxOS.

Dengan ilmu kira-kira saya membuka netapplet & network managernya PCLinuxOS untuk menkonfigurasi modem ini & hasilnya gagal total. Proses gagalnya terjadi saat sesi PCLinuxOS meminta nomor PIN. Setahu saya sih modem yang saya pakai tak ada PINnya sehingga saya kosongi lalu next, hasilnya gagal. Saya coba lagi dengan mengisi password 1234 (PINnya 4 digit) juga gagal, sungguh agak pusing saat menyetting modemnya😀

Kembali saya memakai Ubuntu untuk mencari tahu problem modem ini & saya temukan banyak sekali problem pada netapplet serta network managernya. Satu-satunya cara yang memungkinkan untuk menghubungkan modem dengan keadaan saya saat itu (no wifi no dsl) yaitu menggunakan wvdial. Dengan memakai wvdial maka modem bisa terhubung ke internet & tentunya modem tersebut harus terdeteksi dulu. Problem berlanjut pada paket wvdial yang tidak terinstall pada PCLinuxOS KDE ini, perlu memutar otak lagi bagaimana cara mendapatkan paket wvdial. Setelah browsing ke sana ke mari saya menemukan trit di forum pclinuxos.com yang intinya untuk memasang wvdial diperlukan 2 paket dependensi lain yaitu libxplc & libwvstream. Saya pun segera mengunduh paket yang dibutuhkan tadi selain wvdial di kambing.ui.ac.id satu per satu untuk kemudian saya pasang & hasilnya sukses untuk menjalin koneksi internet via wvdial.

Adapun cara untuk menjalin koneksi via wvdial adalah

– masuk sebagai root, ketik su lalu ketik passwordnya

– ketik wvdialconf lalu enter (command di terminal untuk mendeteksi keberadaan modem)

– ketik nano /etc/wvdial.conf (command di terminal untuk mengkonfigurasi ISP yang kita pakai)

– katik wvdial lalu enter (command untuk proses dial)

Untuk memasang wvdial di PCLinuxOS 2010.10 silahkan unduh paket berikut

libxplc0-0.3.13-4pclos2010.i586.rpm

libwvstreams4.6-4.6.1-1pclos2010.i586.rpm

wvdial-1.61-1pclos2010.i586.rpm

setelah terunduh kemudian install & paket wvdial dipasang pada urutan akhir. Silahkan berkreasi dengan wvdial di PCLinuxOS😀

8 pemikiran pada “Memasang Wvdial di PCLinuxOS 2010.12 KDE

  1. haduh gan…, tak perlu wvdial sebenarnya…, gunakan analog modem… saja….😀 pilih ttyUSB0, klo menggunakan 3G modem jelas gak bisa… karena memang gak ada golongan evdo disitu…, atau pakai KPPP….😀

    gak tanya2 dulu sama saya xixixixixi…. ;p

    1. hehe aku pake prolink pcm100, pake gnome ppp g bs detect, pake analog modem minta pin. diisi tetep saja gagal.dikosongin jg gagal. ni mau cb pake wvdial saja, smga bs.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s