Assalamu’alaikum Om & Tante semuanya😀

Di malam yang gelap, hujan & terdengar bunyi gemuruh petir tak menyurutkan niat serta jari jemari saya untuk menulis kisah pemasangan wvdial di Debian Squeeze😀 . Telah saya tulis di postingan lalu bahwa saking simpelnya Debian ini sampai-sampai network- manager serta wvdialnya pun tak terpasang. Hal ini tentu membuat galau (wahahaha) perasaan saya karena koneksi internet satu-satunya berasal dari modem ZTE AC2726 EVDO dengan ISP Smart pinjaman dari adik saya😀 .

Konfiurasi wvdial untuk modem AC2726 ISP SMART

 

Karena kenyataan tersebut maka langkah pertama yang harus saya tempuh yaitu memasang wvdial dulu, untuk wifi belakangan saja😀 . Untunglah saya mendapati rujukan untuk memasang wvdial di blognya Om Geazzy, saya tinggal mencari paket-aket wvdial yang telah tertulis di blog tersebut. Berikut paket-paket wvdialnya & klik untuk mengunduhnya (i386)

libcap0.8

libwvstreams4.6-extras

libuniconf4.6

ppp

libwvstreams4.6-base

wvdial

Pemasangan Wvdial Packages

 

Oh iya, sebelum mengunduh paket-paket tersebut kita perlu membuat folder Downloads di Home Debian kita. Sekalian saje membuat folder lain macam Documents, Pictures, Music serta Videos di home. Kemudian tempatkan hasil unduhan di folder Downloads.

Setelah semua paket terunduh, buat satu folder khusus untuk tempat paket wvdial ini. Beri nama wvdial atau sesukamulah😀

Buka terminal, masuk sebagai root & masuk ke folder wvdial tadi

contoh : ketik su untuk login root

ketik cd Downloads/wvdial lalu enter

kemudian install paketnya dengan mengetik

dpkg -i *.deb

lalu enter & installasi akan berjalan

.Selanjutnya kita menyetting wvdial menurut ISPnya, caranya sama seperti yang saya ulas di Ubuntu atau PCLinuxOS. Oh iya, untuk keberhasilan wvdial ini perlu dicek apakah modemnya telah support atau belum. Untuk mengecek modemnya telah saya bahas pada postingan lalu.

Demikian & semoga sukses😀

Sumber : Om Geazzy

Satu pemikiran pada “Memasang Wvdial di Debian Squeeze

Tinggalkan Balasan

