Assalamu’alaikum my friends?

Bermula saat saya hang out ke home basenya om Anggi, saya menyalin file .deb Libreoffice 3.3.0 yang diunduh dari warnet. Kebetulan sekali karena sekarang ini saya memakai Debian Squeeze yang belum ada aplikasi office sehingga saya pasang Libreoffice ini di Debian. Sebelumnya saya sudah mencoba memasangnya di Ubuntu Lucid & hasilnya sukses. Di Debian pun saya sukses memasang Libreoffice, kendati bukan versi terbaru.

Berikut caranya pasangnya

– unduh dulu file deb Libreoffice (yang terbaru versi 3.3.2) di sini , untuk versi x86 deb silahkan unduh di sini. Karena saya memakai Libreoffice versi 3.3.0, harap menyesuaikan nama filenya

– file unduhan Libreoffice terletak di direktori Downloads, kemudian buka terminal & ketik cd Downloads untuk masuk ke direktori Downloads

– ekstrak file Libreoffice  yang masih berberntuk tar.gz dengan mengetik command tar   zxf   LibO_3.3.0rc4_Linux_x86_install-deb_en-US.tar.gz lalu enter

– setelah file tar.gaz terekstrak, masuk ke dalam folder LibO dengan ketik command cd LibO_3.3.0rc4_Linux_x86_install-deb_en-US lalu enter. Masuk lagi ke folder DEBS dengan mengetik command cd DEBS

– masuk sebagai root, kemudian install paket .deb dengan mengetik command dpkg -i *.deb lalu enter. Proses install paket debnya akan berlangsung sampai selesai.

– masuk ke folder desktop-integration dengan mengetik command  cd desktop-integration & enter. Install paket yang ada di dalamya dengan command dpkg -i *.deb. Bila proses ini selesai maka Libreoffice siap anda buka di Aplikasi>Office>Libreoffice 3.3

Satu pemikiran pada “Memasang Libreoffice 3.3.0 di Debian Squeeze

Tinggalkan Balasan

