Assalamu’alaikum my friend ?

Di hari Minggu pagi yang segar & dingin karena baru disiram air hujan, saya manfaatkan untuk menuliskan cara untuk menyelesaikan masalah audio pada SMPlayer. Perlu diketahui teman-temanku bahwa SMPlayer adalah aplikasi pemutar video audio yang mempunyai base dari mplayer. Menurut saya SMPlayer ini sama powerfullnya dengan VLC, oleh karena itu saya pasang aplikasi SMPlayer pada Blankon Lucid & Debian Squeeze saya.

Berawal saat saya nyambi memainkan video DAT Laskar Pelangi di pagi ini, SMPlayer saya tidak bisa mengeluarkan suara/audio saat memainkan file film tersebut. Kejadian tersebut baru saya alami selama memakai SMPlayer, kembali saya obrak-abrik deh tuh aplikasi & hasilnya solved. Berikut cara yang saya ambil & bisa di terapkan di semua distro Linux yang menggunakan SMPlayer sebagai aplikasi pemutar videonya

– Klik pada Options>Preferences untuk membuka pengaturan SMPlayer atau cukup tekan ctr +P

– Dilanjutkan klik pada tab General>Audio, akan terlihat settingan audionya. Untuk bisa memunculkan suara pada  SMPlayer ini klik pada Output drivernya, sebagai contoh di Debian Squeee saya memakai driver alsa untuk audionya.Sebelum saya ganti output drivernya menjadi alsa, default output drivernya mengarah pada oss. Setelah saya ganti output drivernya ke alsa kemudian apply maka suara saat memainkan audio telah muncul & problem solved😀

Note = jangan tanya saya tentang sumber & keaslian filmnya😀

Tinggalkan Balasan

