Assalamu’alaikum temanku?

Di halaman FB saya melihat update status kawan saya yaitu om Geazzy tentang pemasangan Globalmenu pada Debian Squeezenya. Saya klik link yang disisipkan oleh om Geazzy & membaca sejenak tentang pemasangan Globalmenunya. Pada artikel Globalmenu tersebut om Geazzy menambahkan repositori ppa Globalmenu stable milik Ubuntu yang hasilnya works  pada Debiannya. Dalam hati pun saya merasa tertantang untuk mencari cara lain untuk memasang Globalmenu ini pada Debian kesayangan. Proses oprek Debian pun mulai lagi saat ini juga😀 .

Globalmenu di panel

Oh iya, sebelumnya perlu diketahui GNOME Globalmenu adalahh suatu aplikasi penampil menu bar yang muncul pada panel. Mudahnya bisa kita lihat pada panel atas sistem operasi Mac yang berisi menu-menu saat dibuka aplikasi apapun. Seperti itulah kegunaan dari GNOME Globalmenu ini.

Paket Globalmenu ini tentu saja tidak tersedia di reponya Debian, perlu sedikit usaha untuk memiliki Globalmenu ini😀 . Kemudian saya teringat saat menambahkan repositori tambahan Debian Squeeze kemarin saat memasang aplikasi Dockbarx kemarin, pada repositori Hadret tsb sepertinya memiliki banyak paket yang menarik saat saya lihat sepintas. Lalu saya iseng-iseng membuka Synaptic & mencari paket Globalmenu. Asyikkkk, ternyata paket Globalmenu memang telah tersedia di repositori Hadret & saya tinggal memasangnya saja.

Cara untuk memasukan repositori Hadret ini telah saya bahas pada postingan lalu, tetapi tak mengapa jika saya muat lagi di sini

– koneksikan Debian Squeeze dengan internet & buka terminal

– masuk sebagai root dengan ketik command su & isi password

– ketik command nano /etc/apt/sources.list lalu  enter. Kemudian salin repositori berikut ini

# Hadret Repositories

# unstable

deb http://hadret.rootnode.net/debian/ unstable main
deb-src http://hadret.rootnode.net/debian/ unstable main

# experimental

deb http://hadret.rootnode.net/debian/ experimental main
deb-src http://hadret.rootnode.net/debian/ experimental main

setelah selesai kemudian tekan ctr+x ,  y & enter.

– kemudian kita lanjut dengan memasukan gpg key repositori tersebut dengan mengetik command di terminal

wget -O - http://hadret.rootnode.net/debian/duckbill.key | apt-key add -

– setelah selesai kemudian tekan ctr+x , y lalu enter

– update repositorinya dengan mengetik command apt-get update

– buka Synapticnya & cari paket globalmenu. Berilah tanda centang pada paket seperti pada gambar lalu apply untuk menginstallnya.

– setelah selesai menginstall Globalmenunya, dilanjutkan dengan memasang Globalmenu pada panel. Silahkan klik kanan pada panel yang disuka & pilih add to panel. Carilah Globalmenu panel applet & klik add

– bila proses pemasangan Globalmenu applet di atas telah selesai maka dilanjutkan dengan log out. Globalmenu yang tampak pada panel belum terlihat sempurna tampilannya, oleh karena itu perlu di log out. Hasilnya Globalmenu ala Mac telah tampil di panel Debian Squeeze😀

Globalmenu on Debian Top Panel😀

Selamat mencoba!

2 pemikiran pada “Memasang Globalmenu pada Debian Squeeze

  1. gan gimana caranya munculin icon wifi pada menu bar di debian squeeze…
    dan dimana saya bisa dapatkan themes debian yang bagus2… saya searching di google jarang yang bahas…

    berbeda dengan ubuntu, begitu mudah dan banyak solusinya…

Tinggalkan Balasan

