Asslamu’alaikum temanku semuanya?

Di sore ini saya sempatkan untuk menulis secarik tulisan setelah sekian lama vakum ngeblog. Tema yang saya ambil kali ini yaitu tentang cara mengatasi masalah Tab Completion Terminal baik Debian atau Ubuntu. Yang dimaksud dengan tab completion pada terminal yaitu saat kita menuliskan suatu command kemudian kita tekan tombol Tab maka command tersebut akan muncul dengan lengkap. Sebagai contoh misalnya saya akan menulis command apt-get,  bila saya manfaatkan fitur tab completion ini maka saya cukup menulis command apt-g  lalu tekan tab kemudian command apt-get akan muncul lengkap.

Dibalik manfaat tab completion yang sangat jos ternyata tab completion tersebut tak dapat difungsikan di dalam terminal Ubuntu Natty & Debian Squeeze saya. Pada Ubuntu Natty milik adik saya telah saya coba fitur ini & tak berfungsi sebagaimana mestinya. Pada Debian  Squeeze saya juga mengalami masalah yang sama, tak bisa menggunakan tab completion dengan sempurna.

Namun Alhamdulillah, setelah keluyuran ke sana ke mari saya menemukan petunjuk untuk mengatasi masalah tab completion tersebut. Ada semacam konfigurasi yang perlu diaktifkan agar fitur tab completion sepenuhnya bekerja, berikut caranya

Catatan = petunjuk di bawah ini berlaku untuk Debian Squeeze & Ubuntu Natty, untuk distro lain menyesuaikan

– buka terminal Ubuntu atau Debian, lalu ketik command

Untuk Ubuntu => sudo gedit   /etc/bash.bashrc

Untuk Debian, masuk sebagai root dulu kemudian command =>gedit  /etc/bash.bashrc

– muncul konfigurasi dari /etc/bash.bashrc, kemudian cari baris berikut & hilangkan tanda pagarnya agar tab completionnya aktif. Setelah selesai lalu simpan & close.

# enable bash completion in interactive shells
#if [ -f /etc/bash_completion ] && ! shopt -oq posix; then
#    . /etc/bash_completion
#fi
edit confignya menjadi seperti pada gambar

– silahkan logout dulu Debian/Ubuntunya, tab completion akan bekerja sempurna😀

Sumber => sori Bos, saya lupa linknya hehehe😀

5 pemikiran pada “How to Resolve Tab Completion Problem in Debian/Ubuntu

  1. Wa’alaikumsalam temand
    ijinkan ane mengais pertamax disini..
    Ternyata masalahnya disitu, ok ane coba di ngatiyem sayah

Tinggalkan Balasan

