Assalamu’alaikum temanku?

Pernahkah kalian menjumpai kasus pointer mouse yang berubah stylenya saat efek Compiz Fusion diaktifkan di Ubuntu/Blankon/Linux kamu? kalau pernah maka kalian pasti tahu betapa jeleknya style pointer mousenya yang berwarna hitam itu. Perlu diketahui bahwasanya berubahnya pointer mouse tsb saat Compiz diaktifkan adalah suatu bug yang belum difixkan. Adapun  bug pointer mouse ini saya kira hanya dialami pada pengguna GNOME yang memakai Compiz.

Setelah sekian lama memakai Ubuntu/Blankon Lucid berpointer mouse jelek ini, saya iseng browsing sebentar untuk mencari solusi masalah ini. Kemudian saya berkunjung ke http://www.ubunturoot.com/2010/05/how-to-change-mouse-cursor-in-ubuntu.html ,lalu saya praktekan & pointer mousenya kembali normal lagi. Berikut cara yang saya lakukan

– pastikan Ubuntu/Blankon kamu telah diaktifkan efek Compiznya

– buka terminal lalu ketik

sudo gedit  /usr/share/icons/default/index.theme

lalu enter & isi passwordnya. Muncul konfigurasi dari index.themenya, punya saya konfignya seperti ini

untuk membuat pointer mouse kembali normal maka ganti konfignya pada bagian inherits. Sebagai contoh saya memakai pointer mouse whiteglass bawaan Blankon Ombilin, saya ganti konfig inheritsnya menjadi whiteglass.

Setelah konfignya sudah diganti kemudian save & close. Silahkan kamu log out dulu Ubuntu/Blankonnya, apakah cara ini berhasil mengembalikan pointer mouse di Ubuntu/Blankon  kamu?😀

2 pemikiran pada “Mengatasi Problem Pointer Mouse saat Compiz diaktifkan di Ubuntu/Blankon

Tinggalkan Balasan

