Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Selamat malam temanku yang kubanggakan😀 , meneruskan update blog lagi neh.

Masih memakai Sabily Ultimte Badr, pada kali ini saya ingin share cerita tentang penggunaan perintah Alt+F2 atau yang dikenal dengan command Run.

Berawal saat malasnya memakai mouse untuk klak klik memanggil aplikasi maka saya iseng melakukan test dengan shortcut Alt+F2 &  mengetikkan nama aplikasi lalu enter. Blar, langsung muncul aplikasi yang saya ketikan tadi di jendela Run. Misalnya saya ingin membuka browser Firefox maka saya cukup tekan alt+F2 lalu ketik firefox lalu enter & seketika langsung muncul browsernya.

Selain bisa untuk memanggil aplikasi, kita juga bisa melakukan modifikasi pada filesystem kita tanpa melalui terminal, semisal saya ingin mengedit konfigurasi Conky yang letaknya di /etc/conky/conky.conf maka saya hanya tekan alt+F2 lalu ketik gksu gedit /etc/conky/conky.conf  lalu enter, masukan password & terbukalah jendela gedit untuk mengedit Conkynya.

Ada sedikit trik untuk memakai tombol sakti ini, semisal bila kita membuka aplikai yang memerlukan izin root seperti Synaptic maka kita perlu menuliskan command gksu Synaptic. Contoh lain penggunaan perintah gksudo yaitu gksu software-sources. Adapun bila kitaa ingin mengedit konfigurasi system kita semisal wvdial atau conky maka jangan memakai jendela nano atau vi karena nanti tidak akan Run perintahnya. Untuk mengedit konfigurasi sistem maka kita memakai gedit untuk mengeditnya, semisal saya akan mengedit wvdial.conf maka saya tekan alt+F2 lalu saya tulis command gksu gedit /etc/wvdial.conf lalu enter. Barulah keluar jendela gedit yang berisi konfigurasi wvdialnya.

Selain dapat memanggil aplikasi, tombol alt+F2 ini juga bisa untuk mematikan/close aplikasi dengan cara ketik command killall nama aplikasi lalu enter. Contohnya saya ingin menutup Conky yang berjalan di desktop, maka saya tekan tombol alt+F2 lalu ketik killall conky & enter. Conkypun lenyap dari desktop saya seketika😀 .

Karena sangat  bergunanya tombol Alt+F2, saya jarang memakai mouse untuk memanggil aplikasi & tak perlu memakai aplikasi GNOME DO atau dock seperti Cairo Dock atau AWN😀 .

Demikian tulisan singkat saya tentang shorcut Run & ditujukan untuk pemula linux seperti saya. Semoga menghibur & Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh😀 .

2 pemikiran pada “Lakukan semua dengan Alt+F2 :D

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s