Assalamu’alaikum temanku yang tercinta😀

Lama vakum ngeblog kurang lebih 3 bulan ( kalo gak salah) karena berbagai alasan akhirnya kembali akan saya mulai sekarang.

Pada kali ini saya akan menguraikan kisah tentang pemasangan distro Linux ( maaf, lagi-lagi membahas tentang Linux😀 ) yang bernama Sabily. Sabily adalah sebuah distribusi Linux Islami yang dibuat berdasarkan distro Ubuntu yang ditujukan untuk pengguna Linux umat Muslim pada khususnya. Distro Sabily ini rilis sesuai adwal rilis Ubuntu & yang terakhir kemarin yaitu Sabily Badr 11.04. Kelebihan distro Sabily ini menurut saya yaitu telah terinstall berbagai macam aplikasi umum serta aplikasi Islami semacam Zekr (Al Qur’an), Thawab, Minbar & Hijrah Applet. Untuk memainkan file multimedia, bermain office atau grafis pun tak ada masalah sehingga cocok bagi pemula Linux seperti saya & bagi umat muslim tentunya.

Sabily Badr 11.04 with GNOME Classic + Conky

Oh iya,   Sabily Badr 11.04 ini tersedia dalam berbagai versi yaitu Standar & Ultimate. Yang membedakan kedua versi Sabily terebut yaitu pada isi aplikasi di dalamnya. Pada Sabily Ultimate yang besar file ISOnya 3.4 GB tentu memiliki beragam aplikasi daripada Sabily standar yang besar file ISOnya hanya 917 mb😀 . Saya mendapatkan ISO Sabily yang gede ini dari om Fadjar & om Seno yang baik hati mau ngasih bajakannya pada saya😀 . Terima kasih saya ucapkan bagi beliau-beliau ini, semoga semakin banyak fansnya deh😛 .

Sebelum saya memasang Sabily Badr ini, saya memakai distro Ultimate Edition 2.8 yang kemudian saya ganti dengan Blankon Pattimura 7. Hanya beberapa hari bertahan dengan Blankon Pattimura kemudian saya ganti lagi dengan Sabily Badr ini karena berbagai sebab. Hingga tulisan ini diketik saya masih menikmati distro Sabily yang melayani aktivitas saya berkomputer sehari-hari.

Untuk installasi Sabily ini sama seperti installasi Ubuntu Natty, perbedaannya hanya pada besar harddisk yang akan diinstall. Untuk memasang Sabily Badr ini diperlukan ruang harddisk minimal 10 GB. Saya sendiri memasang Sabily Badr pada ruang 10 GB & telah terisi sekitar 7 GB untuk filesystemnya. Installasinya termasuk sangat simpel karena setelah kita mengatur partisi & tetek bengeknya maka lanjut dengan masuk proses penginstallan yang secara bersamaan kita disuruh untuk membuat user serta passwordnya. Lama proses installasi Sabily Badr ini kurang dari 10 menit, cepat banget gitu lho😀 . Oh iya, saat masuk ke desktop Sabily via live usb tadi ( sebelum install ), kita akan disuguhi tampilan desktop Unity. Tetapi setelah Sabily Badr terinstall maka secara default akan memakai tampilan GNOME classic & Compiz aktif.

Dengan ciri khas warna hijau, distro Sabily ini memang sangat berkesan bagi saya. Bukan hanya karena distro ini ditujukan untuk umat Muslim seperti saya juga karena memakai tampilan GNOME classic hehe. Jujur saja om, saya tidak suka dengan tampilan Unity karena membingungkan.

Distro Hijau ini berjalan dengan baik di laptop lenovo G450 milik saya, mulai dari webcam, bluetooth, wifi broadcom, pengaturan brightness hingga koneksi modem  CDMA ZTE AC 2726 berjalan dengan lancar. Semuanya tampak bagus & saya sangat puas memakainya. Saya hanya mengganti repositorinya ke repo.ugm.ac.id agar proses install aplikasinya jadi tambah cepat & wuzzzz😀 . Untuk aplikasi Islaminya juga berjalan lancar, aplikasi Education untuk si adik kecil juga bekerja baik. Intinya saya sangat suka distro ini, terima kasih lagi saya ucapkan kepada developer Sabily. Semoga Alloh membalas amalan kalian yang hebat ini, amiiin.

Demikian cerita singkat pemasangan distro Sabily Badr di Lenovo G450 ini,  mohon maaf bila salah kata & saya ingin berkata “Saya bangga menjadi seorang Muslim & saya bangga memakai distro Sabily Linux”😀 .

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh .

8 pemikiran pada “Memasang Sabily Badr 11.04 di Lenovo G450

  1. kemarin niat pasang ini di lappy my sister..namun karena keterbatasan akses internet untuk donlod ISOnya terpaksa pake Natty😀
    BTW,.. blog-nya perasaan jadi ringan deh… hahaha

    1. jangan pake perasaan om, pakailah sandal jepit aja yang murah & ringan😀
      silahkan ngopi ISO Sabily Ultimate atau standar di Lenovo saya, atau bisa ngopi di roket atau di tempatnya om master Seno😀

  2. Besar juga ya ukuran file ISO-nya. Mungkin karena banyak paket tambahan yang disertakan ya mas? Btw, kalau saya lagi nyobain Linux Mint nih. Tapi nanti juga mau nyobain beberapa distro, setidaknya dijajal via virtual mesin dulu🙂

Tinggalkan Balasan

