Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh,

Selamat malam temanku & juga untuk dia😀

Di waktu menjelang pagi ini sembari mendengarkan lantunan murottal Al Qur’an melalui xmms2, saya meneruskan update blog lagi😀 .

Kali ini saya akan membahas tentang masalah yang saya hadapi saat mengganti hostname di Sabily Badr 11.04. Seperti biasa, saya selalu berganti-ganti nama hostname komputer yang saya pakai sesuai mood. Hostname adalah nama komputer yang kita pakai & bisa kita ganti sesukanya dengan hak root.

Pada Ubuntu varian Lucid untuk mengganti hostname via CLI maka kita tinggal mengeditnya via terminal & tulis command sudo nano /etc/hostname lalu enter, isi password kemudian ganti hostnamenya. Tetapi hal berbeda terjadi saat saya akan mengganti hostname di Sabily Badr 11.04, setelah selesai mengganti hostname kemudian saya ingin menggunakan command lain dengan perintah awal sudo maka akan muncul warning “Sudo : unable to resolve host” . Tidak hanya itu saja, selain itu proses eksekusi perintah sudo menjadi sangat lama, semisal saya akan mengedit konfig conky dengan command sudo nano /etc/conky/conky.conf  lalu enter maka nanti muncul konfig Conkynya terlihat lebih lama & setelah itu muncul peringatan tsb.

Karena penasaran, kemudian saya browsing & mengacu ke ubuntuforums yg intinya untuk mengubah juga konfig di /etc/hosts. Kemudian saya coba untuk masuk ke /etc/hosts & menyamakan nama localhostnya dengan hostname saya yang baru kemudian save. Hasilnya peringatan sudo : unable to resolve hosts sudah tak muncul lagi & semuanya kembali normal lagi😀 .

Demikian cerita singkat tentang cara mengganti hostname di Sabily Badr/Ubuntu Natty, mengakhiri update blog di malam menjelang pagi ini.

Terima kasih & Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh😀 .

2 pemikiran pada “Menyelesaikan Problem “Sudo : unable to resolve host” di Sabily Badr

  1. saya mencoba untuk meremasterys blankon pattimura, tapi karena kekurangan memori jadi gagal,setelah itu saya restart dan kemudian saat dinyalakan lagi muncul pasword username, masalahnya saya dulu tidak mempasword username saya, apa yang harus dilakukan?terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s