Assalamu’alaikum temanku yang aku banggakan😀

Di waktu ba’da Magrib ini saya akan memposting tulisan tentang cara untuk mengatasi masalah GNOME Keyring yang terjadi di Sabily Badr/11.04 milik saya.

Bermula saat saya membuka browser Chromium untuk browsing berbagai keperluan di Sabily & saya membuka tab baru di Chromium. Seketika saat itu muncul kotak dialog yang intinya menyuruh kita untuk memasukan passwor untuk mengunlock keyringnya. Entah apa maksud kering tersebut saya kurang paham & tidak terlalu ambil pusing. Saat itu saya masih berfikir kalau kotak dialog tersebut adalah sesuatu yang wajar keluar karena memang Sabily/Ubuntunya yang menghendaki warning tersebut. Tapi lama kelamaan saya merasa jengkel karena warning untuk unlock keyring itu selalu keluar setiap kali saya membuka tab baru untuk browsing di Ubuntu/Sabily & saat saya hendak menggunakan aplikasi Pidgin Internet Messenger. Sejak saat itu saya berusaha untuk mencari cara untuk menghilangkan warning tsb dengan berbagai cara.

Cara pertama yang saya tempuh yakni menghapus start up GNOME Keyring tsb di start up application & hasilnya gagal karena warning tsb masih saja muncul di Sabily/Ubuntu saya. Kemudian saya lanjutkan browsing di internet & tampak berbagai cara untuk menghilangkan warning tsb. Dari berbagai cara yang saya perhatikan di internet ternyata gagal juga saat saya praktekan langsung di Linux saya. Sampai kemudian saya berhasil membuat warning unlock keyring lenyap dengan cara ini

-buka Synaptic lalu cari paket gnome-keyring, setelah ketemu lalu klik kanan paket tsb & remove/hapus

atau bisa juga dengan membuka terminal lalu mengetikkan command

sudo aptitude remove gnome-keyring

silahkan reboot Ubuntu/Sabily kamu & lihat apakah warning unlock keyringnya masih muncul atau tidak.

Dengan demikian problem GNOME Keyring ini telah fix & terima kasih😀

 

6 pemikiran pada “Mengatasi Masalah GNOME Keyring di Sabily Badr/11.04

Tinggalkan Balasan

