Assalamu’alaikum temanku,

Kembali saya mengulas suatu artikel yang bertemakan Linux yakni cara mengetahui kecepatan booting Ubuntu. Seperti yang kita tahu bahwasanya kecepatan booting Ubuntu secara default termasuk cepat karena tak lebih dari 1 menit. Kalau masih belum percaya maka silahkan teman-teman mengambil hape atau stopwatch untuk menghitung kecepatan booting mulai dari tampilan GRUB (bagi yang dual OS) sampai muncul layar login.

Namun alangkah repotnya bila kita selalu menggunakan alat manual semacam hape atau stopwatch untuk mengukur speed booting Ubuntu, padahal di repositori Ubuntu sendiri telah available aplikasi untuk menghitung kecepatan booting secara automatic yaitu dengan aplikasi Bootchart. Aplikasi ini secara default belum tersedia di Ubuntu & silahkan dipasang paketnya via terminal ataupun Synaptic & tentu saja menggunakan koneksi internet😀 .

Setelah aplikasi Bootchart ini terpasang maka aplikasi ini akan berjalan secara otomatis di start up Ubuntu. Adapun aplikasi Bootchart ini mengeluarkan sebuah ouputnya di direktori/var/log/bootchart. Data-data mengenai proses yang dilakukan oleh Ubuntu di mesin komputer kita serta kecepatan booting Ubuntu akan tercetak di sebuah file png atau svg yang terletak di direktori tsb. Untuk melihat kecepatan booting Ubuntu  maka kita tinggal klik file gambar tadi & akan ketahuan speed bootingnya.

Oh iya, dikarenakan aplikasi Bootchart ini selalu berjalan setiap Ubuntu hidup/booting maka kita harus tekun untuk menghapus file output yang terletak di direktori /var/log/bootchart. Karena apabila kita biarkan saja file output Bootchartnya maka bisa dipastikan filesistem Linux kita akan cepat penuh karena berisi file output Bootchart tadi.

Adapun untuk menghapus file output Bootchart bisa menggunakan command

sudo rm -r /var/log/bootchart/*

atau bila teman-teman sudah cukup memakai aplikasi Bootchart maka silahkan dihapus saja aplikasinya agar filesistemnya tidak cepat penuh😀 .

Demikian tulisan singkat ini semoga bisa dipraktekan dengan mudah oleh teman-teman semuanya & terima kasih😀

2 pemikiran pada “Mengetahui Kecepatan Booting Ubuntu Dengan Bootchart

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s