Assalamu’alaikum,

Huffftttt, di pagi dini hari ini kembali saya bermain Ubuntu/Sabily & akan memposting artikel tentang cara untuk membuat salinan Ubuntu yang kita pakai dengan Remastersys. Adapun maksud dari membuat salinan Ubuntu yakni kita akan membuat salinan dari seluruh file sistem beserta aplikasi Ubuntu yang kita pakai ke dalam sebuah file ISO yang bisa dipakai & diinstall di komputer lainnya. Dengan bantuan aplikasi Remastersys kita akan dengan mudah memback up Ubuntu kita semudah klik mouse saja hehe😀

Namun beberapa waktu kemarin saya mendengar kabar bahwasanya pengembang aplikasi Remastersys menghentikan proyeknya dengan alasan yang tidak dijelaskan. Akan tetapi baru-baru ini saya cek langsung ke websitenya & terlihat proyek Remastersys masih berjalan seperti biasa lho.

Untuk bisa memakai aplikasi back up Ubuntu ini kita perlu memasangnya secara manual karena Remastersys ini tidak tersedia di repositori Ubuntu. Untuk memasang Remastersys untuk Ubuntu Karmic ke atas yang memakai GRUB 2 menggunakan cara sebagai berikut :

-pastikan Ubuntu kamu terjalin dengan internet

-buka terminal lalu ketik command

sudo  gedit /etc/apt/sources.list

lalu enter & akan muncul konfigurasi dari repositori Ubuntu. Tambahkan baris berikut ke dalam konfigurasinya

# Remastersys
deb http://www.geekconnection.org/remastersys/repository karmic/

setelah selesai lalu save & close lalu diterukan dengan mengupdate repositori dengan command

sudo aptitude update && aptitude install remastersys

tunggu proses update & installasi remastersysnya sampai selesai.

Proses installasi Remastersys menggunakan cara di atas, sedangkan cara untuk menggunakan Remastersys yakni sebagai berikut

-sebelum masuk ke Remastersys, pasang installer Ubuntu dulu agar file ISO remaster bisa diinstall di komputer lain. Silahkan pasang paket berikut melalui Synaptic

ubiquity

ubiquity-frontend-gtk

ubiquity-slideshow-ubuntu

ubiquity-casper

ubiquity-ubuntu-artwork

-buka aplikasi Remasterys yang terletak di Application>administration>remastersys back up & isi passwordnya. Akan muncul jendela peringatan agar menutup semua jendela aplikasi serta networknya sebelum memakai Remastersys ini.

-di jendela Remastersys tsb tampak berbagai opsi back up, untuk membuat salinan Ubuntu yang kita pakai & data tidak termasuk maka kita klik opsi Distiso. Namun apabila kita klik opsi back up maka seluruh data yang ada di Ubuntu kita akan ikut di back up & mengakibatkan semakin besar file ISOnya nanti & serta proses remasternya lama.

-oh iya sampai lupa, sebelum proses remaster dimulai pastikan ada ruang kosong di Ubuntu kita minimal 3 atau 4 GB  untuk tempat file ISOnya nanti. Adapun bila ruang harddisknya kecil & proses remasternya dipaksakan untuk berjalan maka nanti akan menjadikan Ubuntu hang total.

-setelah klik opsi dist iso di aplikasi Remastersysnya maka akan muncul proses dimulainya remastering Ubuntunya. Proses remastering akan tampak secara verbose di terminal gitu & kita tunggu prosesnya sampai selesai. Adapun lama waktu remastering ini tergantung dari spesifikasi komputer kita & banyaknya aplikasi yang kita pakai di Ubuntu kita.

-bila proses remaster telah selesai maka file ISO Ubuntu kita terletak di direktori /home/remastersys/remastersys & filenya bernama customdist.iso. Bila aplikasi Remastersys tidak dipakai lagi maka close dengan terlebih dulu klik clean untuk membersihkan cache dari Remastersys.

-file customdist.iso juga disertai dengan md5sumsnya untuk pengecekan korup atau tidak. Untuk menggunakan file ISO hasil remasteran ini maka kita bisa membakarnya via cd/dvd atau via flash drive dengan bantuan Unetbootin.

Demikian tulisan tentang Remastersys ini, semoga bermanfaat & i miss her😀

13 pemikiran pada “Memback up Ubuntu dengan Remastersys :D

  1. Assalamu’alaikum..
    Makasih untuk artikelnya Gan..
    Saya mau coba2 backup Ubuntu saya..😀

    “Demikian tulisan tentang Remastersys ini, semoga bermanfaat & i miss her”

    btw, kata2 yang di belakang itu, sesuatu banget ya.. hehe… :peace

      1. Maaf Om, nanya lagi nih…
        setelah di burning, trus mau dicoba live usb, bisa masuk dengan selamat.🙂
        Nah, iseng di logout, pas mau login lagi, udah nyoba semua password, ga bisa Om. Gimana ya itu?😀

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s