Assalamu’alaikum temanku yang aku banggakan & sampaikan salam manisku untuk dia :berduka

Di hari Sabtu pagi ini diiringi hujan deras di luar & suasana dingin menusuk daging, saya sempatkan untuk mengabadikan waktu yang sangat bernilai dengan menulis di blog. Kebetulan di hari ini kegiatan bekerja libur karena hujan & teman-teman sejawatan juga sedang beraktivitas di sawah😀 .

Bagi pengguna Ubuntu GNOME classis tentunya tahu sebuah panel bergambar amplop yang terletak di panel atas sebelah kanan, sebuah applet yang termasuk bagian dari indicator applet ini bernama applet indicator message. Fungsi dari indicator message ini yaitu untuk mempermudah pengguna dalam beraktivitas dengan aplikasi semisal chatting serta surat menyurat. Dengan adanya indicator message tersebut kita dapat dengan mudah launch aplikasi semsal Pidgin atau Evolution Mail serta otomatis mendapat notifikasi dari aplikasi tersebut.

Dibalik kemudahan yang ditawarkan indicator message tersebut tentunya masih ada yang tidak menggunakan applet tersebut termasuk saya sendiri karena saya jarang menggunakan aplikasi di dalam indicator message tersebut. Dengan tidak pernah digunakannya indicator message tersebut maka saya simpulkan untuk menghapus applet tersebut karena selain tidak pernah dipakai juga applet indicator message tersebut membebani memori laptop.

Untuk menghapus applet indicator message bergambar amplop tersebut juga tidak mudah, saya perlu browsing lama untuk mencari cara menghapus applet tersebut & berikut cara yang saya pakai, silahka disimak senyaman mungkin😀

-buka aplikasi Synaptic

-cari paket berikut ini lalu klik kanan lalu pilih remove terus apply

indicator-messages

indicator-me

Setelah paket di atas terhapus lalu tekan alt+f2 lalu ketik command berikut untuk merefresh panelnya

killall gnome-panel

Silahkan lihat panel GNOME kamu apakah applet bergambar amplopnya masih ada atau tidak😀

4 pemikiran pada “Menghilangkan Applet Indicator Message di Ubuntu 11.04

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s