Bismillah, Assalamu’alaikum teman?

Di hari Minggu yg hujan sejak semalam ini, saya coba menuliskan pengalaman pertama saya menaiki mobil microbus panjang yakni Isuzu Elf yg biasanya banyak dipakai untuk jasa transportasi pariwisata atau shuttle.
Saya sering melihat mobil ini mondar mandir di jalan, baik yg tipe pariwisata atau reguler yg biasanya milik P.O. Efisiensi & Sumber Alam. Mobil yg identik dengan ukurannya yg panjang ini dg 4 buah roda ini mampu memuat banyak penumpang di dalamnya. Biasanya di bodi minibus Elf ini tertulis Air Suspension, Wifi & Pariwisata. yg biasanya melaju agak kencang gitu.

elf

Pengalaman komplet menaiki microbus Isuzu Elf saya alami saat melakukan perjalan dari Kebumen menuju Bandara Soekarno Hatta di Jakarta sana. Bersama dengan 9 kerabat keluarga lain, saya menaiki microbus Elf ini pd pukul 3 sore. Microbus yg saya naiki milik orang Kebumen & berplat kuning. Microbus ini memiliki 5 buah pintu, 2 pintu depan, 2 pintu samping kiri & 1 pintu belakang/bagasi. Adapun mobil ini mampu menampung sekitar 12 orang, bermesin diesel full turbo intercooler yg saat diinjak pedal gasnya berbunyi mendesis gitu.

Saat kita mulai berangkat,saya mencoba duduk di depan, di samping driver sambil melihat2 suasana kabin depannya. Setelah saya amati ternyata lebar mobil Elf ini kecil juga,mungkin hampir sama dengan lebar kabin Suzuki Carry. tongkat gearnya ada di bagian samping driver & skema gearnya sama seperti mobil biasa. Di bagia dasbor terdapat banyak saklar yg entah apa fungsinya. Posisi tempat duduk yg tinggi membuat enak saat memandang ke depan coz area pandang jadi lebih jelas & luas. Kami pun melaju sampai di sekitar Tambak berhenti di POM coz saya belum shalat Ashar.
elf2
Sepengamatan saya mobil Elf ini memiliki suara yg keras dari mesinnya,maklum mesin diesel itu lho. Tapi di balik kerasnya suara dieselnya itu tersimpan power yg dahsyat lho. Kita berangkat ke JKT via jalur selatan,saya perhatikan sejak berangkat tenaga mobil ini tiada habisnya & selalu bisa naik speednya tanpa drop. Saya pun heran & takjub dg mobil ini, apalagi saat masuk kawasan jalan pegunungan daerah Jawa Barat yg jalannya full tikungan serta naik turun gitu. Di trek pegunungan itu, Elf ini selalu saja naik speednya seolah2 kelebihan tenaga itu. Oleh drivernya, Elf ini diajak selap selip di tanjakan tanpa ada jeda. Tak tampak bila mobil ini kelelahan atau drop gitu, tenaganya sangat mengerikan hehe. Coba kalo saya yg bawa pasti lebih laju lagi haha😀 . Sampai tiba di jalan tol lalu saya pun tertidur sampai tiba di Bandara Soekarno Hatta dg selamat Alhamdulillah.

Adapun untuk suspensi Elf ini juga hebat, goncangan mampu diredam dg baik. Adapun saya masih ragu apakah mobil ini memakai Air Suspension karena memang ada tulisan Air Suspension di bodinya. Jikalau benar memakai Air Suspension maka pantaslah jika mobil ini meredam jalan dg baik & empuk. Di Elf ini juga ada tulisan Wifinya tetapi fitur Wifi tak ada di Elf ini & hanya sekedar pajangan saja.
elf3
Sempat di perjalanan terjadi kejadian yg tak enak, tiba2 area sekitar kaki terasa sangat panas. Lalu kita sampaikan ke drivernya ternyata tutup mesin di belakang kabin depan terbuka gitu. Suhu panas mesin masuk ke kabin & panas bgt tuh, sampai2 keponakan saya menangis terus karena suhu itu & ini menjadi nilai minus bagi driver karena tak mempersiapkan mobilnya dg baik. Selain itu nilai minusnya yaitu drivernya tak shalat, mungkin sedang libur kali yah ckck.

Demikian testimoni saya tentang Elf ini saat melakukan travelling ke Jkt tempo hari. Sungguh sangat menyenangkan ternyata memakai minibus Elf ini.
Berikut saya tuliskan Kelebihans serta Kelemahan mobil Isuzu Elf ini

Kelebihan
– memuat banyak penumpang
– tenaga mesin dieselnya yg hebat
– power steering & ada turbo intercooler
– suspensinya bagus
– pandangan luas ke depan
– lebar bodi kecil, enak buat take offer+manuver
– AC dingin

Kelemahan
– suara mesin hebatnya berisik
– tak ada wcnya
– tutup mesin yg bisa terbuka sendiri
– jok penumpang yg rigid
– tak ada seat belt untuk penumpang
– interior biasa

Demikian cerita review kali ini, sampai jumpa lagi di kisah berikutnya😀
Wassalamu’alaikum

Sumber gambar
http://www.central-karoseri.com/detail.php?id=17

3 pemikiran pada “Pengalaman Menggunakan Jasa Microbus Isuzu Elf :D

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s