Assalamu’alaikum🙂

Di pagi penghujung weekend ini yg berhawa dingin, saya ingin menuliskan tentang pengalaman saya saat memakai motor legenda pabrikan Honda yakni Honda Tiger 2000 lansiran tahun 2005 yg masih menggunakan pelek jari2🙂 . Sebenarnya pengalaman riding Honda Tiger ini terjadi sudah agak lama sekali, namun tak apalah bila saya tuliskan agar pengalaman yg sangat menyenangkan itu tak lekang dimakan waktu😀

tigersw
Dengan status motor pinjaman milik sepupu,saya memakai Honda Tiger SW ini ke Jogja & Purwokerto. Dengan dimensi motor yg berukuran gede berCC gak genap 200 cc, saya dg mudah menghidupkannya dg kick starter. Maklum kompresi mesin Tiger ini 9:1 sehingga masih entenglah distarter manualnya.
Deru mesin saat hidup terdengar agak berisik, terdengar sangat jelas di bawah tangki yg berasal dari silindernya. Bunyi knalpot yg agak keraspun terdengar saat handle gas diputar spontan. Selain itu mesin motor ini sangat istimewa karena memiliki 6 gear yg membuatnya memiliki nafas yg panjang & sangat cocok utk touring santai🙂

Indikator speedometer & tachometer terpampang jelas di setang beserta fuel meternya, handle lampu dim di sebelah kiri & spionnya berukuran gede yg membuatnya nyaman saat mengintip ke belakang.

Saat menaiki motor Honda Tiger ini sangat nyaman posisinya meski posisi footstep rider sedikit ke belakang gitu, tangki bensinnya nyaman dipeluk kedua paha rider & joknya lebar pula.
Lampu sein yg visible dipadu dg lampu bundar di depan serta batok lampu rem berukuran besar dah fungsional bgt🙂

Untuk pengereman roda depan dah memakai rem cakram meski diameternya kecil & drum brake di roda belakang🙂 .Ukuran roda ring 18 inchi di depan belakang & bannya yg tebal sangat berfungsi ketika melibas berbagai tipikal jalan tanpa masalah. Suspensi teleskopik depan meredam dg baik & suspensi belakang juga top meski masih memakai double shockbreaker🙂

Saat saya pakai touring ke Jogja/Purwokerto memakai Honda Tiger ini sangatlah menyenangkan & tak membuat pegal tubuh. Dengan dimensi bodi yg besar maka itu sangat menguntungkan karena goncangan bodi karena jalan & tabrakan angin dari depan bisa diredam dg baik. Tak terasa gejala oleng meski berpapasan dg bus ato mobil yg ngebut, oleh karena itu enak aja di jalan tanpa mengendurkan gas hehe.

Dengan mesin single piston berCC 198 & 6 gear sangatlah menyenangkan, mesin dg karakter lembut & bernafas panjang menjadi keunggulan motor ini. Di gas mendadak terdengar suara mesinnya yg merdu & tarikannya ga ada habisnya di jalan karena gearnya ada 6 cuy. Enaknya motor Tiger di sini di 6 gearnya, nafas mesin terasa sangat panjang sampe lupa gearnya belum dipakai semua hehe. Oleh karena itu saat saya riding di jalan dg motor ini nyaman aja geber gas & memaksimalkan 6 gearnya. Apabila 6 gear telah dipakai semua & speed tinggi maka serasa angin lewat sangat kencang di depan & di samping, serasa mau terbang saja hehe. Oh ya,top speed yg saya gapai saat itu maksimal 80 kph🙂 ,meski terlihat pelan tapi sebenarnya kencang loh😀 .Dengan kopling manual,saya bisa memindah gearnya dg cepat & tanpa membuang waktu sehingga tenaga mesin terpakai dg maksimal.

Sempat di jalan adu speed dg Yamaha Scorpio & hasilnya Scorpio melaju melesat di depan. Scorpio yg memiliki isi 225 cc & memiliki akselerasi galak & sangat berbeda dengan Honda Tiger ini. Honda Tiger memiliki tipe halus yg cocok untuk touring santai🙂

Sempat juga beradu dg Satria FU di jalan saat ke Purwokerto, saling overtake & lama2 saya malas maka saya lepas saja si Satria Funya. Maklum perjalanan touring saya ini karena job & bukan untuk balapan hehe. Eh malah si Satria Funya ngekor di belakang saya dg manisnya hehe. Selebihnya tak ada masalah memakai motor Tiger ini, soal pemakaian bensinnya cukup memakai Premium & aman utk mesinnya.

Oleh karena itu saya naksir berat motor Tiger ini,terlebih lagi model Tiger 2000 yg CW🙂 . Semoga di masa mendatang bisa memiliki motor keren ini meski bekas tak mengapa🙂 .

Secara ringkas saya tulis tentang Keunggulan & Kelemahan motor Tiger ini
Keunggulan
– mesin cc besar,tenaga besar,speed juga besar
– enam gearnya membuat nafas mesinnya panjang, sangat membantu saat touring
– bodi motor yg besar membuat stabil di jalan & kebal tiupan angin
– mesinnya irit bensin
– posisi duduk nyaman baik bagi rider & boncengernya,jok lebar & empuk
– suara klaksonnya nyaring
– spionnya besar
– suspensinya termasuk top
– ban lebar membuat nyaman manuver & meredam lubang di jalan
– posisi tangki yg enak dijepit paha
– sangat cocok untuk harian & touring
– ground clearence tinggi & tak terlalu tinggi untuk orang Indonesia
– nyaman & stabil
– tangki bensinnya besar tuh,muat banyak premium🙂

Kelemahan
– suara mesinnya kasar
– posisi footstep rider yg posisinya agak ke belakang
– gigi 1 sangat pendek jalannya
– rumah speedometer mudah bergetar & berbunyi
– rem belakang masih teromol
– tak ada tudung anginnya di depan
– harga rantai & gear yg mahal
– agak berat motornya
– akselerasi halus
– tidak adanya indikator posisi gear

Demikian kiranya cerita pengalaman saya saat riding Honda Tiger 2000 saat touring sendirian dahulu. Semoga menghibur & lanjut lagi di postingan selanjutnya🙂
Wassalamu’alaikum🙂

Sumber foto
http://www.kingmotor.co.id

19 pemikiran pada “Test Ride Honda Tiger 2000 Spoke Wheel

    1. sob jual gak honda tiger 2000 nya ? ato brother ada tw yg jual lagi ?
      saya punya honda tiger thn 95 , saya lg nyari gir stater brother . daera medan , sumut . thks

      1. lagi cari tigerkah Bro?
        ini punya sepupu ada tiger 2005 SW plat bekasi yg jarang dipake & rencana mau dilego.posisi motor di Kebumen tapi hehe🙂

    1. yo jgn disanggah dunk om,dinaiki aja motornya jadi enteng.
      tapi tiger termasuk enteng dipake meski bodi besar,riding positionnya juga ga tinggi2 amat.tapi itu buat tiger 2000 saja.kalo tiger revo edan tenan itu,bener2 berat & tinggi ckck😀

  1. Tiger 2000 bener2 motor luar biasa,cuma rider2 kuat yg sanggup touring pake motor ini
    Termasuk saya😉 “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮😉 ,
    Motor sekarang mah payah , amburadul semua , …♣=Dћªǟª=D♣…
    ♣=Dћǟªћǟª=D♣
    …♣=Dћªǟª=D♣…
    …….♣=D♣=D♣……

  2. Aku juga pengen beli yang second aja,,😀
    tapi kepingin yang revo,,, karena bodynya lebih modern,,
    sudah dari dulu naksir,, lagi nyari2 yang masih bagus,, semoga dapat yang masih bagus dan awettt.. :d

  3. saya juga pelihara tiger 2004.. lebaran 2012 sy mudik dari purwakarta ke madiun… sy tempuh selama 12 jam (jalan malem) … si tiger saya geber nonstop semaleman ga ada masalah.. secara keseluruhan okey.. tapi itu.. motor udah umur.. kita harus extra ngrawatnya.. biar ttp setia temani ke mana aja….

  4. sampe sekarang saya masih pakai rekordnya touring sendiri Jakarta-malang 17Jam nonstop. saat ini saya ingin serius mempelajari bongkar pasang mesinnya biar tidak bergantung sama bengkel🙂 banyak cerita dari kehadiran motor ini salam

  5. ane ktemu pio malah ane kadalin om,.
    di prjalanan pulang dr pwt arah jogja,.🙂

    tp kayanya krn pionya msh baru banget
    klw vixion sih lewatt,,😀
    tapi lain kesempatan ane lagi riding sndiri.
    eh tiger revo boncengan pula, ecess bner ngobrak abrik,.
    waktu itu ada megapro segala yg terlibat
    mana yg pake tirev boncengan juga

  6. salam om, sya sangat suka mendambakan tiger 2000 dr smu, alhamdulillah tercapai juga untuk membeli tiger di thn 2015, dan tiger sya thn 2004, coba aja test tiger 2000 vs cbr 150 repsol jarak lebih dr 1 km, menurut para mecanik dan sodara sya yg berkerja di perakitan motor astra, tiger memang bisa menang tp jarak harus 1 km lebih…itu tergantung de mental si joki, good deh buat si tigi gw suka bgt….

Tinggalkan Balasan

