Bismillah Wassalamu’alaikum

Pagi hari kota Kebumen yg cerah dihiasi padi hijau yg bernyanyi ditiup angin🙂 Sungguh anugerah terindah dari sang Pencipta

Mengingat kenangan masa lalu yg sayang bila tak ditulis, maka kali ini saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman saya mencoba motor legend yakni motor BMW R25!

294649_20140519034648

Alkisah suatu hari saya diajak teman saya main entah kemana, teman saya itu yg punya BSA B31 itu. Dengan Daihatsu Terios TX kami pergi ke selatan desa sekitar 2 km lalu masuk desa & berhenti di salah satu rumah. Akhirnya diketahui kita akan bertamu ke rumah tersebut & saya masih bertanya2 ada perlu apakah kita kesini kawan?

Jawaban dari pertanyaan saya terungkap setelah kita memberi salam “Assalamu’alaikum” pd penghuni rumah & dijawab “Wa’alaikumsalaam” oleh si penghuni rumah. Pintu rumah dibuka oleh si empunya & tampaklah 2 buah motor klasik!

Spontan kita dipersilahkan masuk ke dalam & duduk di kursi tamunya, ternyata teman saya itu tadi malam sudah pergi ke sini. Saya terbelalak melihat sebuah motor hitam, besar & panjang itu. Logo BMW tertempel di tangkinya, ga pake rantai alias pake gardan! Saya bertanya2 dalam hati apakah ini motor BMW R25 yg katanya dahulu kake saya pernah punya?

Mata saya tak lepas melihat motor BMW R25 itu sembari ngobrol antara teman saya & penghuni rumah, sayapun ikut ngobrol2 juga & ternyata penghuni rumah yg seorang kakek itu pernah mendengar bahwa di desa kakek saya pernah ada yg punya BMW R25 yg tak lain kakek saya yg punya!

Keren juga motor BMW R25 ini sampe almarhum Kakek saya membelinya dulu. Sepintas motornya rendah tapi gede, sein menempel di ujung setang yg sangat fungsional. Speedometer ada & sudah pake aki, knalpotnya ada di sebelah kiri.

Kemudian anak si Kakek pemilik rumah mengeluarkan motor BMW R25 tsb  untuk dipanasi, saya lihat cara starternya unik yakni pake kick starter yg letaknya sebelah kiri yg posisinya beda dg motor biasa. Motornya pun hidup meski langsamnya jelek, bunyi knalpot customnya pun ga merdu & cenderung kalem.

4399745_20140519081607

Saya masih terpana melihat penampakan motor BMW R25 ini,terlebih melihat bentuk mesin bagian bawah yg membulat gitu ckck. Melihat sok belakangnya & saya bertanya2 dlm hati apakah ini yg disebut dg “plunger” ? sungguh sangat klasik!

Jok depan mirip jok vespa dulu & jok belakang di atas spatbor yg cuma ada rangka besinya.

294649_20140716092212

Saya juga terkagum2 dg BMW R25 ini coz pake gardan kek mobil, kok bisa2nya jaman dulu dah mikir & make gardan kek gini ckck? berarti orang jaman dulu itu ga bodoh & sangat pintar Qadarulloh🙂

71595133_5433451cac661

Setelah mesin BMW R25 ini dipanaskan tiba2 saya disuruh nyoba mengendarai motor BMW ini oleh teman saya itu. Lah saya belum pernah pake motor klasik ya takutlah, teman saya terus memaksa dg beralasan dia ga bisa tes coz kemaren habis jatuh dari motor & takut ga kuat nahan berat BMWnya!

Alhasil dg agak terpaksa,takut & perasaan senang campur aduk saya kendarai motor legend tsb. Saya dudukin BMW R25 yg rendah & kaki saya masih menjangkau tanah. Saya bertanya pd siempunya apakah posisi gearnya sama seperti motor sport jepang biasa & dijawabnya sama. Saya raih setangnya & terasa aura klasik zaman dulu ckck, beginilah rasanya ketika Kakek saya naik motor ginian hiks hiks hiks.

Posisi setang agak sedikit jauh dari badan sehingga badan agak sedikit merunduk tapi masih tetap sangat nyaman ergonomi tubuhnya. Saya tarik kopling, enteng juga kopling & injak pedal gear ke bawah masuk gear 1. Ternyata dalam juga ini pedal gearnya masuk lalu lepas kopling & berjalan pelan2.

Berjalan menyusuri jalan desa yg berbatu, saya hanya konsentrasi pd mesinnya yg menurut saya agak pincang mbrebet gitu. Saya coba sampe gear 2 atau 3 & ga enak jalannya, mungkin kurang sehat nih enginenya. Masuk jalan aspal kotapun masih pelan & menjadi perhatian banyak orang lalu kembali pulang ke tempat bertamu tadi.

Nah, pas mau turun dari motor BMW R25 dari sebelah kiri saya kena knalpotnya ckck maknyosss. Masih mesin hidup lalu saya cek kepala silinder knalpot ternyata keluar angin & ternyata pangkal knalpot di silinder head bocor!

Si empunya motor BMW R25 datang & ngobrol banyak tentang motor antik. Kata temen saya motor BMW R25 ini mau dijual 80 juta! Wowww

Sayapun laporan pd teman saya itu hasil tes ride BMW R25nya yg kurang enak jalannya & laporan saya menjadi masukan berarti baginya. Lalu kitapun pamit pulang & kita ngobrol banyak tentang motor tadi. Dan tak dinyana beberapa saat teman saya itu mengajak saya pergi utk menebus BSA!

Demikianlah cerita singkat saya, saya jadi teringat almarhum Kakek saya yg pernah punya BMW R25. Bapak saya sendiri dulu pernah naik motor itu untuk jalan2 ke kota. Tetapi oleh menantunya Kakek saya motor itu dibawa ke Jakarta & akhirnya menghilang tanpa kabar Qadarulloh.

Inilah pertama kalinya saya naik motor klasik atau antik terlebih lagi motor itu adalah BMW R25 yg sama persis punya Kakek saya dulu🙂

Demikian cerita saya, lanjut lain waktu Bro..

Wassalamu’alaikum…

Sumber Foto OLX Kaskus

Tinggalkan Balasan

