Bismillah Wassalamu’alaikum

Saya berniat melakukan restorasi motor Kawasaki KLX 150 S milik kakak saya yg sudah diobrak abrik full spek offroad. Roda ring besar, knalpot, kampas kopling hingga karburator pun diganti semua. Motor KLX 150 S yg semula sangat manis & taat peraturan serta full nyaman itu berubah 180 derajat. KLX dipaksa berubah oleh siempunya untuk sekedar mainan trabas seminggu sekali di Jakarta sana🙂 .

Kejenuhan main offroad mungkin menjangkiti kakak saya sehingga motor KLX 150 offroad dibawa pulang ke kampung di Kebumen, kondisinya ala kadar yg membuat berisik telinga serta sangat tidak aman coz ketiadaan spion beserta lampu seinnya. Makanya dg kondisi KLX “telanjang” seperti ini seakan tabu keluar jalan kota yg dijaga oleh aparat polisi satlantas, tak bisa membayangkan bila nantinya si KLX ini mendapat jatah “amplop” yg sangat banyak🙂 .

j
KLX 150 S Virgin kecuali setang🙂

Alhamdulillah pas kemarin nganter kakak ke Jakarta menggunakan Xenia LI, perangkat standar KLX 150 S kecuali roda originalnya sudah lenyap tak berbekas berikut sepatbor depan. Yang ada hanya parts speedometer, karburator, filter udara, knalpot standar, kampas kopling standar, footstep rear,empat lampu sein meski pecah satu serta spatbor belakang.

Sepulang dari Jakarta itu langsung saya bawa ke bengkel teman untuk membuat “perawan” kembali si KLX ini. Berbagai parts dipasang kecuali karburator & kampas kopling. Ada masalah kecil seperti speedometer ga bisa gerak yg kemungkinan rusak di gear teromol depan, lampu speedo yg mati serta sebuah sein yg pecah. Untuk speedometer yg koit dibiarkan dulu, lampu speedo dah beres dg mengganti lampu cabenya & sein yg pecah musti diganti baru!

Nah, biaya pemasangan di bengkel teman saya itu termasuk terjangkau dompet saya yg isinya cuma puluhan ribu itu. Justru yg bikin shock jantung itu biaya penggantian sebiji parts seinnya. Saya kira parts sein itu hanya seharga 25 atau 35 ribu, eladalah bablas mendekati ratusan ribu!

Pencarian parts sein KLX 150 pun tak mudah, toko onderdil yg katanya “lengkap” di Kebumen bersebelahan dg tugu Lawet itu pun tak menyediakan parts seinnya, bahkan pelayan tokonya tak paham dg parts yg namanya lampu sein!😀 . Jika di toko onderdil yg rame ini tak ada maka bisa dipastikan di toko onderdil “kecil” lain pun angkat tangan. Hanya ada satu toko yg menjual parts “langka” KLX 150 ini yakni di dealer Kawasaki Kebumen yg lokasinya jauh di timur kota itu.

Saya pun segera menyambangi ke dealer Kawasaki Kebumen, berbagai trail kecuali KLX 250, keluarga Ninja macam 2 tak, Mono hingga 250 FI terpampang di ruang pamernya. Outlet bengkel saya sambangi & bertemu pelayan cewek yg sepertinya tidak paham apa itu lampu sein. Pas saya bilang lampu sein itu lampu riting atau buat belok malah pelayan ceweknya membuka katalog parts motor Kawasaki yg tebal itu. Dibantu oleh crew mekanik, parts sein yg saya cari Alhamdulillah ketemu gambar & nomor serinya partsnya.

Agak lama saya menunggu pelayan ceweknya mencari parts sein di dalam dealer sampai akhirnya si mbaknya membawa tiga bungkusan kardus kecil yg berisi parts seinnya. Isi kardus dibuka & tampaklah parts sein yg lengkap, tak pake lama saya tanya berapa harga parts seinnya yg jawabannya bikin saya terkaget kaget bukan main!😀

Saya paling jarang berurusan dg bengkel resmi coz parts2nya ori itu harganya juga lebih “ori”, makanya saya hanya berurusan dg uang puluhan ribu di bengkel kecil itu. Nah pas pertanyaan saya soal berapa harga sein KLX 150 & dijawab oleh mbaknya “harganya 70 ribu mas”, telinga saya masih tak percaya apa yg saya dengar dari mbaknya ini & saya bertanya lagi untuk mengkonfirmasi harga seiinnya berapa. Jawaban si mbaknya pun masih sama yakni 75 ribu & saya masih terbengong bengong tak percaya hehe🙂 . Saya pun sempat bertanya pd mbaknya apakah ada parts sein yg KW & langsung dijawab gak ada!

Alhasil setelah menimbang2 agak lama & melihat isi dompet yg ternyata masih “aman” untuk meminang parts sein KLX 150 maka saya langsung putuskan untuk membeli sein original KLX 150 lengkap dg tanda bon beserta kardusnya. Tak ada diskon atau hadiah langsung untuk pembelian parts sein KLX ini, saya hanya dapatkan senyum ramah mbak2nya saja🙂 .

Alhamdulillah sesampainya di rumah parts seiinnya langsung saya pasang dengan tools kunci seadanya seperti obeng plus serta kunci serbaguna yakni kunci inggris!😀 . Pemasangan parts sein pun sukses meski agak susah, ditespun Alhamdulillah menyala lampu seiinnya🙂

Demikian cerita saat saya pengganti parts lampu sein KLX 150 yg bila  pecah mikanya maka harus ganti semua parts seiinya itu. Saya menjadi paham tentang motor produksi Kawasaki ini terutama KLX 150, parts KW langka & parts oripun harganya juga “langka”😀 . Tentu saja ada harga ada kualitas, dibalik harga parts Kawasaki semisal parts sein yg harganya “meroket” ini pastilah kualitasnya bagus & insya Alloh awet🙂 . Tak dapat saya membayangkan harga parts motor Kawasaki lain semisal Ninja 250 bahkan sampai motor moge macam ZX6R itu, tiarap deh sayanya🙂

Yowislah, lanjut lain artikel & Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

