Bismillah Wassalamu’alaikum

Beberapa hari ini saya beralih menggunakan OS Windows 7 di laptop lama saya ini, sebelumnya saya selalu memakai OS Kubuntu Linux 12.04. Oleh karena terbiasa memakai OS Kubuntu Linux  lalu beralih ke Windows 7 maka saya perlu belajar lagi menggunakan OS buatan Microsoft ini.

Pada OS Windows 7 ini berbeda cara bawanya dengan Kubuntu Linux, selain perbedaan filosofinya juga beda macam2 aplikasinya. Contohnya pd Kubuntu Linux untuk memasang software maka kita tinggal mengunduhnya dengan “gratis” di Synaptic atau Software Centernya. Sedangkan pd OS Windows ini kebalikan dari Kubuntu Linux yakni kita mengunduh secara manual di internet baik “gratis” atau berbayar🙂 .

Resize Simpel
Resize Simpel

Yang paling simpel yg sering saya lakukan dlm kegiatan berkomputer yakni resize atau scale image untuk dipasang di blog, foto apapun yg bagus saya akan resize sekitar 400an pixel. Saya resize dengan ukuran kecil itu agar tidak boros bandwith internet saat upload atau pembaca mengakses fotonya.

Nah, bila di Kubuntu Linux dengan mudahnya dapat meresize image via aplikasi GIMP yg tersedia di software centernya. Tinggal buka aplikasi GIMP, open image, resize image & selesai! Tetapi di OS Windows 7 ini saya belum tahu cara untuk meresize image dg simpel seperti di Kubuntu Linux. Akhirnya saya belajar sejenak dg browsing sebentar & ditemukanlah cara simpel untuk resize image di OS Windows 7.

Caranya yakni dengan menggunakan aplikasi Paint yg biasanya telah terinstall di OS Windows 7. Langkah2nya resize pun mudah yakni kita tinggal open image, klik icon resize, setting size lalu OK! selesai deh🙂 . Ternyata mudah & berfungsi juga aplikasi Paint di Windows 7 ya🙂

Sekian& lanjut lain waktu🙂

Tinggalkan Balasan

