Bismillah Wassalamu’alaikum

Beberapa waktu yg lalu saat mengunjungi teman di daerah pesisir selatan saya menyengajakan diri mampir ke bengkel sepeda yg yg terpampang dua sepeda tua. Saya pun melihat lihat sepeda tua tsb yg ternyata mereknya Fongers & Gazelle ukuran tinggi yg dijual oleh siempunya. Cerita tentang sepeda tua tsb insya Alloh akan saya tulis ditulisan berikutnya.

sadel
Sadel kiri Rp. 150.000an Sadel paling kanan Rp. 500.000!

Kali ini saya akan bercerita tentang jok sepeda atau yg dikenal dg sebutan sadel. Di bengkel milik pak Tua tsb dijual berbagai pernik pernik sepeda mulai dari sekrup hingga sepeda tua! Salah satunya bagian penting dari sepeda yakni sadel terlebih lagi sadel untuk sepeda tua adalah sangat penting. Tampilan sadel yg orisinal & bentuknya yg unik & antik akan menambah wibawa & nilai artisstik sepeda tua tsb.

Sadel sepeda tua bukan sekedar sembarang sadel, sadel sepeda tua yg bentuknya unik & antik itu sangat terbukti kualitasnya selama puluhan tahun. Selain itu sadel sepeda tua itu juga sangat pas ergonominya karena menyesuaikan dg bentuk pantat kita sehingga diduduki berjam jam saat mengayuh sepeda tua kita akan merasakan kenyamanan luar biasa pd pantat kita🙂 .

Nah, di bengkel pak Tua itu juga menyediakan sadel sepeda tua yg kata pak Tua dari hasil berburu & rekondisi. Saat saya berkunjung kemarin, koleksi sadel sepeda Tua dikeluarkan agar saya bisa menyaksikan langsung sadel antik yg sangat bernilai itu Pak Tua mengeluarkan beberapa sadel sepeda tua dari yg berbentuk biasa namun klasik sampai sadel dg per ukuran besar & sangat antik itu. Saya pun terkagum kagum akan bentuknya yg antik & terlebih lagi saya terkaget kaget saat pak Tua menjelaskan nilai nominal harga sadel sepeda tua yg berharga ratusan ribu rupiah!

Sadel sepeda tua yg bentuknya biasa kecil dijual dg harga sekitar Rp 150.000 & masih bisa nego sepertinya. Yang paling top yakni sadel sepeda tua yg bentuknya besar, pernya gede & antik itu dihargai dg kontan Rp. 500.000! harga sadel yg sangat fantastis sekali menurut saya padahal harga Rp 500.000 dah dapat sepeda tua tuh hehe🙂

Pak Tua berkata bila saya mengiklankan sepeda tuanya atau sadelnya pd teman2 maka nanti saya mendapat “uang rokok” 🙂 . Dari fakta sadel sepeda antik yg harganya juga “antik” membuat saya paham bahwasanya bila ingin mainan sepeda tua yg antik maka diperlukan banyak pengorbanan isi dompet😀 . Saya pun tak habis pikir sadel seharga Rp 500.000 mungkin memang sebanding dg kualitas & nilai historisnya, untuk ketahanan sadelnya pun diacungi jempol karena pak Tua mengetes sadel tuanya dg menginjak sadelnya & menahan berat tubuh pak Tua. Hasilnya sadel sangat kuat menahan beban berat & tak mengalami kerusakan apapun!.

Setelah mengetahui kisaran harga sadel tua itu saya berniat dlm hati bahwa saya pake sadel yg biasa saja meski jelek bentuknya & kurang “antik”. Mungkin suatu saat pak Tua mau menjual murah sadel antiknya pd saya kelak😀

Sekian dulu tulisan saya, lanjut lain waktu …

Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

