Bismillah Wassalamu’alaikum

090820143221
Becak Mesin di Stasiun KA Kebumen

Belum lama kemarin aparat Satlantas mengamankan belasan becak mesin yg melintasi ruas jalan di kota Kebumen, penyitaan yg dilakukan oleh aparat itu tidak berlaku untuk becak kayuh. Padahal mayoritas becak yg ada di daerah Kebumen telah menggunakan mesin hasil modifikasi dg becaknya & telah berdiri organisasi yg menaungi becak mesin ini. Lalu bagaimana nanti akhirnya apakah becak mesin ini tetap legal di jalanan atau terpaksa melegalkan diri sembari main kucing kucingan dg pak Polisi? Entahlah…🙂

Adanya becak yg menggunakan mesin sebagai tenaga penggeraknya memiliki berbagai keuntungan seperti daya jelajah becak menjadi lebih jauh & efisiensi waktu. Adapun beberapa kerugiannya menurut saya yakni kurang safety karena tiadanya lampu sign dll serta membuat kesenjangan dg moda transportasi lain seperti angkot, ojek & becak kayuh!

Dulu sempat terjadi demo para sopir angkotan yg melumpuhkan mobilitas warga kota Kebumen, supir angkot menuntut agar becak mesin ditiadakan karena mengambil penumpang mereka itu. Setahu saya juga telah terbit pelarangan becak mesin karena peristiwa tsb namun sepertinya tidak berlaku karena semakin hari populasi becak mesin ini semakin banyak.

Dibalik kontroversi becak mesin ini semoga ditemukan solusi oleh pemerintah kota Kebumen sehingga kehadiran becak mesin dpt diatur sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan win win solution bagi semua pihak🙂 .

Sekian dulu tulisannya, lanjut lain waktu🙂

Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s