Bismillah Wassalamu’alaikum

Pada tulisan lain telah saya tuliskan penyebab wiper macet yg disebabkan oleh wiper link yg patah, lanjut lagi pd postingan kali ini yakni wiper macet yg dikarenakan kaca mobil yg seret. Lho, ga salah tuh kaca mobilnya yg seret? bukannya karet wipernya yg seret om? ya begitulah kejadian yg saya sendiri alami, wiper Kijang Super macet dikarenakan kaca mobil yg seret karena pelicin di kaca hilang akibat cuci mobil sialan itu. Berikut kronologisnya..

Wiper Kijang Super saya pd awalnya bekerja normal seperti biasa hingga suatu saat touring ke Semarang wiper tewas di tengah jalan di saat hujan meski tidak deras. Saat itu saya kira karet wiper yg bermasalah & saya simpulkan akan mengganti baru karet wipernya  kiri kanan. Adapun pas touring itu saya ambil langkah alternatif karena wiper tewas dg membuat cairan shampo lalu saya ratakan di kaca mobil agar air hujan lekas turun. Saya pun mengemudi mobil dg speed “eco” & full safety.

180620142765
Kijang Super & Big Bos di bengkel🙂

Selepas tiba di rumah tentu saja saya mengganti wipernya & memasangnya sendiri hingga suatu saat wiper digunakan di kala hujan & hasilnya wiper tewas lagi! saya pun terheran heran dg kejadian ini hingga bertanya tanya dlm hati sebenarnya yg salah wipernya atau saya sendiri?😀 . Pusing lalu saya cari info tentang wiper ini & saya baca mobil baru yg selesai dari salon mobil juga mengalami wiper macet di tengah kaca mobil itu. Di tulisan itu penyebab wiper macet dikarenakan zat pelicin yg ada di kaca mobil terkikis karena penggunaan cairan pembersih yg digunakan pd kaca mobilnya. Adapun solusi agar kaca mobil baru itu agar ada zat pelicinnya yakni di bawa ke bengkel resmi atau diganti kacanya sekalian! Saya pun tek memikirkan opsi solusi tsb, mahal!

Saya teringat mekanik bengkel saya yg kenyang pengalaman sebagai supir  mekanik itu, beliau pernah memberi saya tips untuk mengganti cairan wiper menggunakan cairan Sunlight yg dicampur air biasa. Lalu saya coba deh itu air Sunlight cairan untuk mencuci piring itu, saya campur dg air lalu saya ratakan di kaca mobil dg terlebih dahulu saya basahkan kaca mobil dg air biasa agar kotoran+debu lenyap. Saya oles lembut kaca Kijang dg air Sunlight hingga merata lalu tunggu beberapa lama agar Sunlight menempel dg kaca mobilnya. Kemudian saya bilas kaca menggunakan air biasa  tak lupa karet wiper juga saya olesi dg air Sunlight.

Testing dimulai saat saya touring ke Jogja kemarin, langit memuntahkan air hujan dg riangnya di kota Jogja. Dg sedikit optimis saya nyalakan wiper & ketakutan akan wiper tewas pun terngiang ngiang di benak saya. Alhamdulillah wipernya sukses menghalau air hujan di kaca depan Kijang Super tanpa macet lagi🙂 , wiper baru itu pun menari nari di kala hujan dg bahagia🙂 .

Ternyata resep mbah mekanik bisa diterapkan untuk melicinkan kaca mobil selain memperlancar turunnya air hujan di kaca mobil. Terlebih lagi solusinya juga murah karena hanya menggunakan Sunlight & tak perlu ke BERES lagi. Saya juga mengisi cairan wiper dg campuran Sunlight ini,apalagi saat cuci piring pun pake Sunlight ini hehe🙂 .

Bagi teman teman yg mengalami kejadian wiper macet karena kaca seret maka bisa menggunakan cara saya & tentu saja do with your own risk🙂 . Hampir lupa, penyebab pelicin di kaca hilang dikarenakan cairan pembersih di cuci mobil itu. Jadi bagi teman yg sering main ke cuci mobil minta pd tukangnya agar tidak membersihkan kaca depan dg sabun dll, cukup dibersihkan dg air biasa saja. Saya pun begitu bila sedang cuci mobil pesan ke tukangnya agar tidak menyabuni kaca depan karena sabunnya bikin seret kaca itu.

Demikian tulisan saya ini tentang wiper macet, lanjut lain waktu lagi🙂

Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

