Bismillah Wassalamu’alaikum

Pernahkah kawan mengalami problem wiper mobil macet saat digunakan kala hujan turun dg manisnya? bila pernah pasti sangat merepotkan terlebih bila hujan sangat deras mengguyur mobil kita, seolah mengemudi mobil tanpa melihat jalan depan kan?😀 . Wiper macet pernah saya alami ketika sedang touring ke Semarang dg Toyota Kijang Super 1992, wiper sempat jalan namun kemudian sukses tewas di tengah kaca depan Kijang😀 .

Bila wiper mobil macet bisa disebabkan oleh beberapa sebab yakni patahnya aslink atau link atau penghubung dinamo dg sistem penggerak wiper mobil yg terletak di dalam dasbor mobil itu. Patahnya link wiper bisa disebabkan oleh faktor usia juga bisa karena menghajar lubang di jalan dg keras sehingga wiper link bisa patah. Kejadian patah wiper link ini pernah saya alami saat saya touring ke Slawi menggunakan mobil Suzuki Carry 1987, saat itu lagi2 hujan deras turun & menyebabkan lubang besar di jalan tak tampak. Saya yg saat itu mengemudikan Carry dg mode touring jarak jauh yg mengoptimalkan speed sesuai kemampuan mesin sehingga memangkas waktu dg minimal hehe🙂 . JEDAKKKK!!! bunyi shockbreaker depan menghajar lubang besar, saya pun terkaget kaget saat itu. Malam hari ditambah hujan deras membuat jalan raya seakan rata & Carry saya sukses menghajar lubang, Alhamdulillah Carry saya tak mengalami masalah setelah menghajar lubang seperti ban bocor dll. Saat itu wiper masih bekerja normal hingga sampai kota tujuan, wiper mulai rewel saat perjalanan pulang nanti.

030420141628

Perjalanan pulang dari Slawi itu juga ditemani oleh hujan, wiper bekerja sebentar lalu macet di tengah tengah kaca mobil. Wiper sebelah pengemudi masih bisa bergerak normal & wiper kiri tewas sekarat. Saat wiper kiri digerakan dg tangan, terasa loss wipernya & bisa dipastikan wiper link dalamnya patah. Dan benarlah, setelah pulang lalu periksa ke bengkel lalu mekanik mengharuskan ganti wiper linknya lalu sembuh deh. Wiper link yg hanya batangan pelat itu memang rentan rusak ketika mobil terkena goncangan keras seperti mobil yg saya kemudikan itu, yah mau gimana lagi jalannya amburadul gitu. Entah kemana pengurus jalan raya itu saat jalan full lubang?

Adapun penyebab wiper macet yg lain akan saya tulis di postingan setelah ini🙂

Tinggalkan Balasan

