Bismillah Wassalamu’alaikum

Sekitar kurang dari seminggu yg lalu saya lihat ban belakang sebelah kiri Toyota Kijang Super milik Big Bos terlihat kurang angin, langsung saja saya isi angin di tukang tambal dekat rumah & esoknya ban tsb tampak kurang angin lagi. Hingga dua kali saya isi angin ban belakang kiri & sukses kempes, akhirnya saya bawa saja Kijang Supernya ke tukang tambal ban tubeless yg biasa saya datangi di jalan Sokka.

300420153829

Parkir di depan mobil Nissan Serena yg ternyata milik putra Big Boss genteng, dengan sigap tukang ban melepas roda belakang kiri Kijangnya. Dicek ternyata ada sebuah sekrup kecil menancap di ban tubelessnya & itu yg membuat ban selalu kempes. Tak pake lama, ban tubeless Kijangpun ditambal & prosesnya cepat dibanding tambal ban tube yg dipress lalu dipanaskan.

Saya amati tukang ban menambal ban tubelessnya sekilas sangat mudah & simpel, lubang bekas sekrup dibesarkan dg kunci letter T yg ujungnya sebesar paku ukuran besar & ditusukkan ke lubang bekas sekrup tadi. Dilanjutkan dg menutup lubang bekas sekrup yg telah dibesarkan dg kunci letter T juga yg dililitkan semacam benang yg tebal & ditusukkan ke lubang tadi. Kunci letter T yg dililitkan benang tsb dicabut & benang penambal akan menutup lubang ban tubelessnya & selesai. Alhamdulillah cukup dg Rp. 15 ribu dg lama waktu 10 menitan, ban tubeless sudah tertambal sukses. Semoga tukang tambal ban tube yg lain bisa mengaplikasikan tambal ban tubeless juga karena di daerah saya masih jarang tukang tambal ban tubeless😀 .

Tinggalkan Balasan

