Bismillah Wassalamu’alaikum

Sekian lama saya & keluarga besar saya menggunakan mobil tua yakni Toyota Kijang Super 1992 untuk mobilitas ke sana kemari. Tak terhitung lagi berapa banyak liter Premium & Pertalite ditenggaknya🙂 . Meski terasa sangat boros bagi kami maka tetap kami pakai karena Alhamdulillah belum bisa untuk menggantinya dg mobil yg lebih irit lagi.

211020143662

Kali ini Toyota Kijang Super saya sering mengalami masalah rutin yakni mesin sering mbrebet atau pincang. Mesin yg pincang sangat terasa sekali saat mesin dihidupkan karena langsam mesin tak teratur, getaran mesin sangat kencang & dari exhaust sangat terasa bau gasoline.

Dari mekanik langganan diketahui bahwasanya kendaraan kami mengalami masalah serius yakni ring piston telah aus di ke 4 silindernya terlebih piston nomor 2 yg sangat parah. Ring piston yg aus mengakibatkan oli mesin naik ke ruang bakar & ikut meledak bersama gazoline. Akibat dari pembakaran mesin yg kacau mengakibatkan busi yg cepat sekali kotor bahkan usia busi menjadi sangat boros. Oleh karena itu sekarang saya mempunyai rutinitas baru yakni membersihkan jelaga busi karena saat mesin pincang maka itu pertanda busi sudah kotor. Bagaikan memelihara motor 2 tak, tanpa ragu saya lepas ke 4 businya & saya bersihkan dg amplas. Setelah bersih lalu pasang & Alhamdulillah nyala mesin tua kembali normal. Namun bila busi sudah dibersihkan & mesin tetap pincang maka bisa dipastikan ada busi yg telah tewas, mau tak mau beli busi baru lagi🙂

Sambil menabung untuk repair Kijang maka sementara kami masih menggunakan Kijang ini dg baik untuk kegiatan sehari-hari.

Demikian cerita singkat saya yg tak penting ini, see u again🙂

Wassalamu’alaikum

 

 

Tinggalkan Balasan

