Bismillah Wassalamu’alaikum,

Keluarga kami memiliki motor matic injeksi Vario 125 yg dipakai untuk harian tetapi mengenai maintenance bukan saya yg handle. Biasanya sih kalau bukan kakak ya ayah saya yg tune up motor itu entah di bengkel resmi atau bengkel biasa. So saya hanya pakai saja bila perlu motor Vario 125 & tak ikut2an rawat motornya.

Nah beberapa saat yg lalu kok motor Vario 125 ini terasa sangat lambat responnya saat grip throttle di putar mendadak. Untuk lagi di Vario 125 sih dah biasa yakni grip throttle diputar baru melaju beberapa detik kemudian, tapi kali ini saat di putar grip gasnya kok terasa seperti motor karbu yg telat bensin & seperti mau mati. So daripada ga enak dikendarai saya bawa saja ke bengkel resmi di dekat rumah, lagian motor Vario 125 ini injeksi sehingga saya percaya hanya bengkel resmi yg bisa tune up dg peralatan canggihnya.

160320141128

Dengan berbekal uang pas-pasan saya pun ke bengkel resmi & disambut oleh CSnya, saya ditanya ada keluhan apa & apa mau ganti oli gitu. Saya pun bilang kalo motornya mbrebet & ganti oli bila oli jelek.Saat itu saya tak tahu berapa tarif tune up & ganti oli, saya berfikir mungkin sama seperti bengkel biasa yg tarifnya Rp. 15 ribuan qiqi🙂 .

Motor Vario 125 pun dibongkar lalu bagian CVT dibuka, mekanik report pd saya bahwa belt minta ganti & harganya sekitar Rp. 220 ribuan & ada seal yg bocor dg harga sekitar Rp. 60 ribuan. Alamak! saya terkaget-kaget mendengar biaya-biaya tsb padahal target saya hanya tune up biasa qiqi. Eh hampir lupa busi juga minta ganti dg harga Rp. 3o ribuan. Saya juga tanya ke CS berapa sih biaya tune upnya & dijawab sekitar Rp. 45 ribu! Waduh, kok mahal amat mbak ckckck, saya tak percaya & kaget luar biasa🙂 . Akhirnya saya pun putar otak & menyesuaikan dg isi dapur saya, hemm saya pilih yg penting2 saja sekarang.

Finally dg hati2 & bijaksana saya akhirnya melakukan tune up+ganti oli+busi dg total sekitar Rp. 130 ribuan, untuk belt & seal belum bisa dulu hehe. Eh setelah motor selesai kok dibawa ke belakang bengkel & lama keluar, ternyata motornya dicuci dulu. Saya hanya kaget karena biaya yg “unik” di bengkel resmi ini, dibandingkan dg bengkel biasa sangat jauh. Dengan garansi seminggu & bonus cuci motor menjadi kelebihan bengkel resmi ini.

Kesimpulannya yaitu saya mending pakai motor teknologi lawas saja & ngebengkel di bengkel biasa saja agar hemat, bila seperti ini bisa KO dapur saya. Maklum level bawah om hehe😀 .

Sekian & terima kasih ..

 

 

2 pemikiran pada “Mahalnya Tune Up di Bengkel Resmi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s