Bolehnya Jamak Shalat Saat Sakit

Bismillah,

Assalamu’alaikum,

Setiap manusia yg hidup di dunia ini insya Alloh bisa dipastikan pernah merasakan sakit baik sakit pd tubuh atau sakit secara psikis. Entah itu manusia berasal dari Bangkok Amphoe Dusit sana hingga hidden city Kebumen seperti saya juga merasakan sakit. Jadi bisa disimpulkan bahwasanya sakit bisa terjadi pd manusia di mana saja di dunia ini 🙂 .

Setahu saya sakit bisa disebabkan oleh keadaan tubuh yg sangat lelah atau over retired sehingga perlu istirahat lebih karena tubuh yg memiliki limit working dipaksa overworking diluar batas. Selain itu sakit bisa disebabkan pula oleh terganggunya  organ2 tubuh baik bawaan lahir atau karena timbul oleh tingkah laku manusia itu sendiri semisal perokok berat terkena sakit jantung atau free sex menimbulkan penyakit aids dll.

290420153820
BSA kelahiran 1956 ini sakit pistonnya qiqi 😀

Alhamdulillah Waqadarulloh saat ini saya sedang menjalani masa istirahat karena mungkin over work sehingga saya terkena gejala flu sepaket dg demam, batuk & nyeri tubuh. Tentu saja kesembuhan saya minta kepada Alloh ta’ala sang penguasa alam semesta kemudian berikhtiar juga sebagai lantaran sembuh pd dokter di Puskesmas. Alhamdulillah tadi siang bertemu dg dokter perempuan di Puskesmas terdekat & diberi obat tablet serta sirup seperti anak2 hehe.

Semoga dg ikhtiar berobat ini, Alloh memberi saya kesembuhan agar bisa sehat lagi. Dan dg adanya sakit ini saya bisa beristirahat sembari memikirkan seseorang di Bangkok sana, eh memikirkan perjalanan hidup saya yg tak stabil seperti jarum speedometer yg naik turun atau memikirkan andai Harley WLA harganya turun jadi Rp. 10 jutaan hehe 😀 . Tak lupa juga dg adanya sakit maka bagi kita yg bersabar akan digugurkannya dosa2 kita dahulu, sungguh Alloh maha pemurah bagi hambaNya yah…

Sampai lupa dg topik tulisan ini yaitu tentang bolehnya menggabung 2 shalat fardhu bagi seorang Muslim yg sedang tertimpa sakit, semisal shalat Dhuhur digabung dg shalat Ashar baik dikerjakan di awal atau di akhir waktu. Sama juga dg shalat Maghrib boleh digabung dg shalat Isya & boleh dikerjakan pd waktu Maghrib atau Isya. Sungguh Alloh memberi kemudahan bagi manusia yg sedang sakit & memberi kemudahan dg menjamak shalat untuk menyembahNya secara full time.

Selain bolehnya jamak shalat fardhu ketika sakit, kita juga diperbolehkan shalat sambil duduk atau tiduran bahkan kita boleh shalat hanya dg mengedipkan kelopak mata bila tubuh tak memungkinkan untuk bergerak sama sekali. Kalau saya biasa shalat sambil duduk saat sakit karena tubuh terasa sakit saat melakukan gerakan shalat seperti biasa. So lagi2 kita memperoleh kemudahan untuk menyembahNya meski ketika sakit kan?

Tentu saja tentang shalat Jamak bagi Muslim yg sedang sakit ada dasarnya & ada perintah dariNya. Agar lebih otentik maka dasar shalat Jamak bagi yg sakit bisa dilihat di website Ustadz di Indonesia seperti di website berikut ini konsultasisyariah.

Semoga bagi teman2 yg sedang merasakan sakit segera diberi kesembuhan oleh Alloh ta’ala & silahkan menggabung shalat fardhu karena diperbolehkan oleh Alloh Azza wa Jalla sang raja alam semesta ini.

Sekian & Assalamu’alaikum 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s