USB Flash Cannot Booting Even Using DD (LMDE+Tumbleweed ISO)

Bismillah,

Assalamu’alaikum,

Lama tak bermain Linux mayan lama maka mengakibatkan saya ketinggalan info yg sangat banyak, hari demi hari teknologi Linux ini semakin maju layaknya laju ombak di lautan lepas yg pelan namun pasti. Sedangkan saya baru mulai bangun setelah sekian lama Singa tertidur lelap di resort Baan Tawan Pai sana 🙂 .

Salah satunya yg membuat saya terperanjat yaitu ukuran image ISO distro Linux yg sekarang sangat besar melebihi ukuran standar saat saya bermain Linux dulu yaitu sekitar 700-800 MB & sekarang bengkak di atas ukuran 1 GB! Sebagai contoh untuk ISO image LMDE berukuran sekitan 1.6 GB & ISO image Open Suse Tumbleweed sekitar 973 MB alias hampir 1 GB! Tentunya semakin besara ukuran ISO akan menyebabkan semakin lama waktu untuk kita download file ISOnya, bila internet kencang sih tak masalah tapi bagi yg internetnya kacau bisa seminggu baru selesai download itu.

screenshot-from-2016-12-31-185245

Alhamdulillah saya berhasil mengunduh 2 ISO tersebut lalu seperti biasa saya buat booting via USB Flash Drive agar bisa booting lalu dipasang permanen di mesin Lenovo G450 Dual Core 32 bit. Dengan command “dd” saya buat USB Flash Bootingnya & hasilnya selalu tak bisa masuk ke login bahkan saat pakai Open Suse  Tumbleweed hanya bisa booting lalu hang!

Dengan bantuan free cd Shipit Ubuntu 10.04 saya burn ISO image LMDE ke DVD & baru bisa dipakai untuk diinstal di laptop saya & Open Suse Tumbleweed juga bisa dipakai juga dg burn dvd. Hingga akhirnya saya memasang LMDE di laptop & semuanya terdeteksi termasuk wifi Broadcom saya, sedangkan saat memasang Open Suse Tumbleweed ada kendala yakni harus terkoneksi dg internet padahal saat itu Open Suse tak bisa mendeteksi wifi saya via live dvd. So saya pasang LMDE saja di laptop saya deh & Open Susenya ditunda dulu.

Problem yg belum saya temukan fixnya yaitu kenapa saya buat USB Flash booting via DD selalu gagal di semua ISO yg saya download, sampai sekarang belum ketemu solusinya kecuali burn DVD insya Alloh berjalan lancar itu ISOnya.

Tinggalkan Balasan

