How to Moving Top Panel to Bottom in LMDE XFCE?

Bismillah

Assalamu’alaikum semua,

Di laptop lenovo saya ini sekarang saya pakai OS Linux LMDE Cinnamon, tetapi karena keterbatasan memory laptop yg hanya 1 GB & beberapa GB swap masih belum bisa “aman” untuk berlari kencang. Dengan desktop standar yakni Cinnamon interface, sangat terasa saat-saat lag bahkan hang saat dipakai beraktivitas online. Oleh karena problem tsb maka saya memutuskan untuk menggunakan interface lain yg hemat memory seperti xfce4 or lxde.

workspace-4_023
Bottom Panel LMDE xfce

Final decision akhirnya saya install xfce4 yg identik dg icon tikus ini, saya pasang di LMDE Cinnamon & masuk ke desktopnya yg panelnya berada di top panel sedangkan di bagian bawah ada semacam launcher layaknya dock-nya Mac gitu.

Top panel xfce4 ini mengingatkan saya pd tampilan GNOME klasik dulu, tetapi saya kurang suka karena mempersempit size max window. Saya suka tampilan menu atau panel yg berada di bawah macam KDE atau LXDE, jadi size max window lebih luas di tampilan monitornya.

workspace-4_022

Kemudian saya customize xfcenya dg remove launcher bawah & saya modif panel atas lha kok tak ada opsi untuk di move ke bottom? aneh banget deh. Adanya di settingannya hanya bisa move dari top ke samping, bottom tak ada! saya cari kesana kemari tak dapatkan solusinya. Hingga beberapa saat saya merenung & berpikir tentang bagaimana cara move top panel xfce ini?

Lalu Alhamdulillah saya temukan caranya yaitu dengan membuat panel baru di bagian bottom lalu panel atas diremove saja, baru deh problem fixed ckck. Jadi move panel di xfce itu dari top ke bottom atau sebaliknya tak bisa Om kecuali membuat panel baru. Tetapi bila move panel ke samping dari top panel mak bisa dilakukan di settingan panelnya.

Baiklah case closed & Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

